Pembangunan Rumah Warga Di Tembagapura Masih Dalam Perencanaan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Realisasi pembangunan perumahan untuk warga Tembagapura khususnya tiga kampung masih dalam perencanaan Pemkab Mimika. Pihak Pemkab Mimika sendiri sudah melakukan kunjungan terkait dengan perencanaan pembangunan perumahan tersebut.

“Kita lagi membuat perencanaan jadi kemarin kami turun, bersama Dinas perumahan, setelah kembali, kami komunikasi lagi untuk bagaimana membuat perencanaan dan melakukan perhitungan,” jelas Assisten 1 Setda Mimika Yulius Sasarari di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Kamis (18/2).

Bacaan Lainnya

Menurut Yulius, yang juga ketua tim pemantau progres pemulangan warga tiga kampong itu, beberapa waktu lalu pihaknya bersama dengan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Mimika telah berkunjung ke tiga kampung tersebut. Dalam kunjungannya bersama Dinas Perumahan sudah melakukan pendataan dan perhitungan mana rumah-rumah uang akan direhab maupun dilakukan pembangunan baru.

“Mungkin bisa kita ajukan seperti kemarin kita dengar komentar pak Wamen PUPR, pada intinya Pemkab Mimika melakukan segala hal yang bisa mungkin dilakukan, menyesuaikan anggaran,” ungkapnya.

Selain perumahan warga, Pemkab juga meninjau terkait dengan jaringan listrik dan air bersih, dari data manajemen PTFI untuk dua kedua hal itu itu dibutuhkan waktu yang cukup lama yakni sekitar 6 bulan – 1 tahun. “Langkah yang harus kita lakukan adalah membantu dengan genset, yang beberapa waktu lalu juga sudah disiapkan,” jelasnya.

Kendati masih beberapa fasilitas yang kurang, menurut Sasarari, aktifitas masyarakat sudah berjalan dengan baik dan normal kembali, bahkan ada beberapa masyarakat sudah kembali berkebun. Sementara untuk Jaringan air, kata Sasarari masyarakat memakai selang – selang. “mereka minta itu hanya soal bagaimana untuk mereka tinggal,” ujarnya.

Ditanya soal kepastian apakah masyarakat memang benar masih ditampung di sekolah, Sasarari tidak menampik hal tersebut. “Mereka memang masih ada yang di tampung dalam gedung sekolah. Namun yang lebih tahu adalah Kadistrik Tembagapura, tetapi beberapa sudah kembali di rumah, jadi mereka inisiatif melakukan rehab kecil sendiri,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait