Pemasok Senpi Untuk KKB di Yahukimo Diciduk Satgas Nemangkawi

  • Whatsapp
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Mustofa Kamal

Jayapura – Tabaos14 | ES seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Yahukimo ditangkap oleh Satgas Nemangkawi di Jalur 1 bawah kompleks Ambruk Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo Rabu (22/9/2021).

ES sendiri berperan sebagai pemasok senjata api dan amunisi kepada KKB wilayah Yahukimo.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan kronologis peristiwa menyebutkan bahwa penangkapan terhadap ES berawal dari anggota Satgas Nemangkawi mendapat laporan dari masyarakat bahwa, ada sebuah truk dinas berplat merah yang dicurigai oleh masyarakat membawa muatan sekelompok orang dan sejumlah barang bukti.

Mendapatkan laporan tersebut Tim Ops Nemangkawi bergerak cepat memeriksa keberadaan truk tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan, sekelompok orang dengan barang bukti berbagai jenis senjata tajam seperti kapak,parang, sabit,badik,sangkur,besi tajam,anak busur dan palu.

Selain senjata tajam Tim Ops Nemangkawi juga mengamankan puluhan unit alat elektronik seperti laptop, Handtalking (HT) berbagai merek, cas laptop dan HT, speaker,power up, komputer, printer epson, megaphone,radio rig dan tas selempang didalam bak mobil truk tersebut.

Barang bukti tersebut langsung diamankan bersama dengan sopir truk yang merupakan oknum ASN Pemkab Yahukimo berinisial ES ke Mako Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan terhadap sopir truk yang merupakan oknum ASN Pemkab Yahukimo, Tim Ops Nemangkawi kembali melakukan pengrebekan terhadap rumah milik ES di Kompleks Perumahan Sosial Km. 4 Distrik Dekai yang diduga merupakan tempat persembunyian sejumlah barang bukti.

Di rumah oknum ES tersebut aparat berhasil 26 butir amunisi 5,6 5TJ, delapan butir amunisi 38 SPC dan
Satu buah magazine M-16.

” pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mako Polres Yahukimo untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan”kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulis Kamis (23/9/2021).

Kabid Humas mengatakan, bahwa sebelumnya pada tanggal 27 Agustus 2021 Tim OPS Nemangkawi juga berhasil mengamankan satu orang oknum ASN Pemkab Yahukimo yang juga merupakan Kepala Distrik yang berinisial EB dan 15 orang lainya yang diduga merupakan simpatisan KNPB dan KKB wilayah yahukimo.

Dari 15 orang tersebut, Tim OPS Nemangkawi berhasil mengungkap 5 diataranya yang merupakan DPO Polres Yahukimo atas serangkaian pembunuhan sadis di Kabupaten Yahukimo beberapa waktu lalu yang mengakibatkan masyarakat sipil dan Anggota Polri Maupun TNI meninggal dunia.

Kemudian pada tanggal 23 agustus 2021 juga Tim OPS Nemangkawi berhasil membebaskan Karyawan PT. Indo Papua yang di sandra oleh KKB Wilayah Dekai Kabupaten Yahukimo-Papua.

Satgas Nemangkawi juga pada tanggal 2 September 2021 juga telah berhasil menangkap Ananias Yalak atau yang dikenal dengan sebutan Senat Soll.

Ananias Yalak sendiri adalah salah satu pimpinan KKB di wilayah Yahukimo yang telah melakukan serangkaian tindakan kejahatan dan pembunuh sadis terhadap masyarakat sipil di Kabupaten Yahukimo.

Penulis: Nay
Editor: Riki Lodar
  • Whatsapp

Pos terkait