Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 KPU Mimika Nobar Bersama Forkopimda dan Parpol

Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola saat menyampaikan sambutannya saat nobar peluncuran tahapan pemilu 2024 di kantor KPU Mimika, Selasa (14/6/2022).

Timika – Tabaos14 | Pada peluncuran tahapan pemilu 2024 yang diselenggarakan secara daring di seluruh Indonesia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika nonton bareng (Nobar) bersama Forum komunukasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan Partai politik (Parpol) Mimika.

Kegiatan yang dilakukan berdasarkan Surat KPU nomor 443/PP.06-SD/09/2022 tanggal 10 Juni 2022 dilaksanakan di kantor KPU Mimika, Selasa (14/6/2022) malam.

Peluncuran secara resmi yang dilakukan secara nasional dan terpusat di KPU RI, Jakarta, ditandai dengan menekan sirene oleh seluruh anggota KPU RI, Ketua DPR RI Puan Maharani, Mendagri Tito Karnavian, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, Ketua DKPP Muhammad.

Peluncuran tersebut disaksikan oleh seluruh anggota KPU provinsi se-Indonesia, Kabupaten/Kota secara daring bersama forkopimda, bawaslu, serta unsur pimpinan partai politik calon peserta pemilu.

Kegiatan tersebut sekaligus menjadi jawaban atas kepastian pelaksanaan jadwal Pemilu, bahwa hari Rabu 14 Februari 2024 telah ditetapkan sebagai hari dan tanggal pemungutan suara Pemilu 2024.

Sehingga tahapan Pemilu telah resmi dimulai hari ini berdasarkan PKPU nomor 3 tahun 2022 sebagai landasan hukumnya. Ini sesuai pasal 167 ayat 6 UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu bahwasannya tahapan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum pemungutan suara.

Ketua KPUD Mimika,Indra Ebang Ola memberikan apresiasi atas kehadiran unsur forkopimda, bawaslu, serta unsur pimpinan partai politik calon peserta pemilu.

“Terimakasih atas kehadiran malam hari ini untuk sama-sama menyaksikan peluncuran tahapan pemilu 2024 melalui daring,”ucapnya.

Kata Indra, dengan penegasan yang disampaikan oleh KPU RI bahwa pemilu sebagai area konflik bagi para peserta untuk meraih kekuasaan,menjalankan kekuasaan sekaligus mempertahankan kekuasaan itu.

Namun itu semua upaya dan proses yang dilakukan dengan harus dengan akhir kata mufakat dalam rangka Bhineka Tunggal Ika.

Dengan menyaksikan bersama peluncuran tahapan pemilu 2024, Indra berharap mudah-mudahan hal ini menjadi catatan kita semua, baik peserta pemilu maupun semua komponen elemen bangsa yang ada di Kabupaten Mimika.

“KPU Mimika tidak bisa berjalan sendiri, dan mulai hari ini mari kita bergandeng bersama untuk mulai merapatkan serta mulai kembali membuka komitmen kita untuk terus membangun demokrasi dan menjaga kualitas demokrasi,” ujarnya.

Pos terkait