Peliputan PON XX Jadi Perhatian Mendesak, Humas PPM Klaster Mimika Segera Laksanakan UKW

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Humas PPM Klaster Mimika mengusulkan agar segera melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) kepada jurnalis yang ada di Mimika. Hal tersebut dilakukan jika hal itu diprasaratkan PB PON XX Papua sebagaimana ketentuan aturan Dewan Pers.

“Apakah hal itu akan dilaksanakan secara mandiri dengan pihak pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Mimika atau KONI atau Sub POB PON XX Klaster Mimika untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut melalui asosiasi media atau asosiasi jurnalis,” kata Sekum Humas PPM Sub PB PON XX Klaster Mimika, Yohanis S. Nussy.

Bacaan Lainnya

Menurut Nusy, bagian ini menjadi pertimbangan mendesak PB PON XX Papua maupun Sub PB PON XX Mimika yang harus cepat dilaksanakan jika memang setiap wartawan diprasayaratkan untuk sudah sertifikasi. “kita akan mendesak hal ini menjadi pertimbangan cepat pihak Sub PB PON XX sehingga jangan menjadi masalah sudah mendekati PON ternyata ada banyak wartawan yang dipandang tak layak melakukan peliputan PON XX. Kita ini tuan rumah jadi harusnya hal ini menjadi pertimbangan PB maupun Sub PB bahkan juga menjadi attensi pihak-pihak asosiasi Dewan Pers yanga da di Tanah Papua ini,” ujarnya.

Nusy sendiri beralasan, memang masih ada cukup banyak wartawan di Mimika ini yang hingga kini belum mengantongi sertifikasi wartawan. Mengantisipasi sertifikasi ini dijadikan prasayarat maka memasuki PON XX Papua semuanya sudah mengantongi ijin professional sebagai jurnalis.

Selain UKW juga, Humas PPM Sub PB PON XX Klaster Mimika segera menyiapkan rancangan program kerja yang mendukung kinerjanya pada saat pelaksanaan PON XX Papua di Klaster Mimika, diantaranya juga adalah kebutuhan pelatihan mengenai mekanisme kerja di Media Center Humas PPM ini.

“satu hal yang dipertimbangkan menjadi kebutuhan mendesak adalah pelatihan penulisan berita olahraga bagi para wartawan narasi di Mimika demi memaksimalkan kerjanya di lapangan pada saat PON XX nanti,” katanya.

Mengingat, bahkan pimpinan media lainnya, untuk menulis olahraga ini memang tidak semua wartawan memiliki kompetensi dasarnya sehingga menjawab tuntutan kebutuhan itu maka pelatihan penulisan berita olahraga ini menjadi sangat krusial juga dilaksanakan di Klaster Mimika, selain pelatihan khusus mengenai mekanisme kerja dalam Media Center.

“Dalam pekan depan akan segera kita serahkan rancangan program kerja Humas PPM Sub PB PON XX Klaster Mimika yang diharapkan dijadikan pertimbangan prioritas juga oleh PB PON XX Papua maupun Sub PB PON XX Klaster Mimika, bahkan kepada segenap jurnalis dan pimpinan media diajak untuk satukan tekad menyukseskan persiapan pelaksanaan PON XX Papua ada Oktober 2021 mendatang,” tutur Nussy.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait