Pelantikan Bupati Asmat Ricuh, Kantor Bupati Dan Sejumlah Kios Dirusak Massa

  • Whatsapp

Asmat – Tabaos14| Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Asmat yang di gelar di Gedung Negara Jayapura secara virtual disaksikan oleh sejumlah pejabat di kantor Kominfo Asmat berakhir ricuh, Rabu (3/3). Akibat kericuhan tersebut kantor Bupati dan Rumah Bupati Asmat serta ruko, kios dirusak oleh massa.

Kericuhan berawal usai pelantikan tersebut dilaksanakan, tidak terima dengan hasil tersebut, massa pendukung paslon nomor urut 02 yang dipimpin oleh calon Wakil Bupati nomor urut 02 Bonifasius Jakfu langsung mendatangi kantor Bupati Asmat dan melakukan keributan.

Bacaan Lainnya

Mendapat laporan tersebut, personel bersama Kapolres Asmat menuju Kantor Bupati untuk meredakan keributan dari massa pendukung Paslon nomor urut 02. Namun massa tidak menerima imbauan yang diberikan oleh Kapolres Asmat.
Selanjutnya massa melanjutkan Orasi tersebut ke Kantor KPU dan Kantor Bawaslu Kabupaten Asmat dengan di kawal oleh personel Polres Asmat. Setelah melakukan Orasi di Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Asmat, massa kemudian kembali ke Kantor Bupati merusak Gedung Aula Ja Asamanam Ap Camar.
Aparat kepolisian yang berjaga di kantor Bupati langsung berusaha memukul mundur dengan mengeluarkan tembakan peringatan ke udara. Massa yang di pukul mundur oleh Anggota kemudian berlari menuju Kantor KPU Kabupaten Asmat dan kembali melakukan Pengerusakan.

Mendengar bahwa kantor Bupati Asmat sudah rusak, massa lainnya yang juga pendukung Paslon nomor urut 02 dengan membawa alat tajam langsung menuju kediaman Bupati Asmat Elisa Kambu. Setibanya disana massa merusak rumah bupati dan menyerang petugas yang sedang melakukan pengamanan di kediaman tersebut.

Selanjutnya massa lainya dari Kompleks Pelabuhan Lama Agats keluar dengan memegang alat tajam dan merusak Ruko-ruko dan kios di sepanjang jalan Yos Sudarso Agats dan melakukan penjarahan.

Dalam kejadian itu aparat keamanan berhasil mengamankan 11 orang untuk dilakukan pemeriksaan. Sementara untuk situasi saat ini mulai kondusif meski demikian aparat keamanan terus berjaga jaga di beberapa lokasi.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait