Pekerjaan Kontrak Multiyear Akan Di Perioritaskan Pemkab Mimika Di 2022

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Sekertaris Daerah Kabupaten Mimika, Michael Gomar yang juga merupakan Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) berjanji Pemkab Mimika akan Perioritaskan pekerjaan yang menggunakan kontrak multiyears tahun anggaran 2022

Menurut Gomar Bupati mimika berpesan bahwa terkait dengan prioritas kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah di input atau bahkan diusulkan di tahun anggaran 2022 nanti, sesuai dengan pagu yang diberikan pihak OPD tentu menjadi catatan dari pimpinan, dan juga bagi tim anggaran.

Bacaan Lainnya

“Karena tentu ada juga beberapa OPD yang mungkin merasa bahwa anggaran yang diberikan kecil, tidak sesuai dengan kebutuhan program dan kegiatan yang ada di OPD,” Gomar usai menutup kegiatan Musrenbang Kabupaten, Jumat (16/4/2021)

Gomar mengungkapkan bahwa Bupati dan pihaknya selaku tim anggaran pun menyadari hal tersebut. Keluhan sudah disampaikan oleh pimpinan OPD, tetapi pihaknya juga mohon pengertian dari OPD karena kegiatan – kegiatan prioritas kita di tahun anggaran 2022, kami akan sesuaikan untuk menyelesaikan beberapa program – program tahun jamak (Multiyears). “Program tahun jamak yang bisa diselesaikan di tahun anggaran 2022 bahkan di tahun 2023,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, kata Gomar program prioritas yang wajib dilaksanakan oleh pimpinan OPD di tahun anggaran 2022 adalah program prioritas yang memang diselesaikan di tahun anggaran 2022 sesuai dengan kebutuhan dan tugas dan fungsi dari pimpinan OPD.

“Salah satu contoh kalau memang kebutuhan anggarannya sampai dengan satu tahun yah tolong untuk diprioritaskan untuk satu tahun, Jangan dianggarkan selama enam bulan. kerjakan yang memang menjadi kebutuhan dan tugas pokok dan fungsi dari pimpinan OPD tersebut,” tuturnya.

Gomar menjelaskan bahwa, pihak tim anggaran Pemkab Mimika beberapa waktu yang lalu sudah rapat dan sudah melakukan kesepakatan untuk melakukan review rencana kerja anggaran.

Pemkab akan melaksanakan review rekaan untuk melihat kembali usulan program kegiatan dari pimpina OPD sehingga benar – benar program prioritas yang menjadi rancangan awal RKPD tahun 2021 ini, benar – benar dapat terwujud dan terlaksana,” katanya.

“Jangan sudah jadi prioritas di tahun 2022, kemudian tidak dilaksanakan, tidak menjadi prioritas bahkan tidak ada di dalam program kegiatan sesuai dengan anggaran 2022. Ataupun mungkin ada, tapi hanya dianggarkan untuk beberapa bulan saja,” jelasya.

Menurut Gomar ada tahun 2022 pihaknya mempunyai tugas dan tanggungjawab yang cukup banyak, salah satunya adalah menyelesaikan program tahun jamak, tetapi juga untuk maintenance dan pemanfaatan dari venue – venue setelah pelaksanaan PON tahun 2021.

“Tentu kita juga punya tanggung jawab kedepan untuk membantu agar raundown yang sudah dituangkan didalam dokumen RPMJD ini, bisa tercapai dalam masa periode pak Bupati dan Wabup, oleh sebab itu kami sangat membutuhkan kerjasama dari pimpinan OPD untuk bisa menerjemahkan semua program prioritas yang tertuang dalam RPJMD yang menjadi tanggung jawab, tugas pokok dan fungsi OPD, bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait