Pedagang Besar Bantu Pemerintah Stabilkan Harga

  • Whatsapp
Ketua Komisi B DPRD Mimika, Rizal Patadan, ST saat ditemui di kantor DPRD Mimika, Kamis (25/11)
Ketua Komisi B DPRD Mimika, Rizal Patadan, ST saat ditemui di Kantor DPRD Mimika, Kamis (25/11)

Timika  – Tabaos14  |  Distributor dan pedagang besar di Timika diminta dapat membantu pemerintah menstabilkan harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat yang akhir-akhir ini mulai bergerak naik,seiring dengan kebijakan alat angkut yang mulai menaikan muatan kontainer beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi B DPRD Mimika, Rizal Patadan, ST saat ditemui di kantor DPRD Mimika, Kamis (25/11) mengatakan peran serta distributor dan pedagang besar turut mempengaruhi harga di pasar atau di tempat- tempat penjualan kebutuhan pokok dalam kota.

Bacaan Lainnya

Kabupaten Mimika kata Rizal, 99 persen semua kebutuhan didatangkan dari luar melalu jalur laut. Jika demikian distributor dan pedagang besar yang berperan termasuk menentukan harga kepada agen dan pedagang di pasar-pasar yang ada.

Rizal mengakui, sembilan bahan pokok, daging, ayam beku didatangkan dari Surabaya, Jawa Timur dan Makaasar, Sulawesi Selatan. Demikian juga. Bahan bangunan juga dari dua kota ini dipasok ke Papua termasuk ke Timika.

Sayur mayur, bumbu juga didatangkan dari Manado , Sulawesi Utara. Sehingga benar bahwa Timika sangat tergantung penuh pada kot-kota di luar untuk suplai kebutuhan pokok dan bahan bangunan juga sayur-sayuran.

Timika hanya tersedia kebutuhan ikan dan telur lokal yang mana saat ini telur swasembada.

Begitu pula dengan BBM diharapkan Pertamina turun gunung untuk menyiapkan stok menjelang hari raya diharapkan persediaannya aman hingga Januari atau Februari mendatang. Juga Dolog harus menjamin persediaan beras, gula pasir harus ada dan tersedia digudang untuk beberapa bulan kedepan.(rus)

Pos terkait