PB PON Akhirnya Beri Kewenangan Kepada Sub PB PON

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Ketua Harian Pantian Besar (PB) PON XX tahun 2021 di Papua, Yunus Wonda mengakui dalam kurun waktu terkahir tidak ada koordinasi yang baik antara PB PON dengan Sub PB PON.

Hal tersebut disampaikan Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda dalam konfrensi pers seusai Rapat Koordinasi Teknis 1, Bidang 1 PB PON dan sub PB PON serta Bidang-bidang Pendukung PON XX tahun 2021 di Hotel dan Resto 66 Timika pada Selasa (4/5/2021) malam.

Bacaan Lainnya

“Saya akui selama ini komunikasi dan koordinasi antara PB PON dan Kabupaten/ Kota penyelenggaraan PON tidak berjalan maksimal,” terangnya.

Yunus juga mengatakan untuk mempercepat segala persiapan jelang pelaksanaan, PB PON memberikan kewenangan penuh kepada setiap Kabupaten dan Kota yang menyelengarakan PON, termasuk anggarannya.

“Kita berikan kewenangan kepada Kabupaten dan kota penyelengara PON sehingga mereka lebih mempersiapkan diri lebih baik untuk pelaksanaan PON mendatang, termasuk anggaran untuk akomodasi, transportasi, konsumsi,” ujarnya.

Yunus mengungkapkan, anggaran yang dikucurkan Pemerintah Provinsi Papua kepada PB PON sebesar 2 Triliun dan sudah terpakai 1,5 Triliun, sisanya dalam proses pencairan. Sementara dana yang diajukan kepada pemerintah pusat untuk konsumsi, progressing dan beberapa bidang yang tidak bisa dianggarkan dalam APBD juga belum dicairkan hingga saat ini.

“Kita harapkan pemerintah pusat melalui Kemenpora segera memproses agar kita bisa lakukan langkah- langkah persiapan, “Terangnya.

Sebelumnya Bupati Mimika Eltinus Omaleng sempat mengancam ancam tidak akan menyelenggarakan PON XX di Kabupaten Mimika, jika tidak ada kejelasan dari PB PON Provinsi terkait status PB PON Sub Mimika.

“Jika anggaran masih di Provinsi ngapain kami sibuk disini, saya menyurat ke presiden dan batalkan saja PON disini. Dari pada kami disini semacam di jadikan alat, itu kami tidak suka,” tegas Bupati dalam arahannya dalam Rapat Koordinasi Teknis 1, Bidang 1 PB PON dan sub PB PON serta Bidang-bidang Pendukung PON XX tahun 2021 di Hotel dan Resto 66 Timika pada Selasa (4/5/2021) malam.

Bupati Omaleng merasa kecewa pasalnya selama ini Kabupaten Mimika selaku salah satu penyelenggara PON saat ini mengeluarkan anggaran sendiri untuk membangun infrastruktur. Untuk anggaran yang ada di PB PON Provinsi Pemkab Mimika sampai dengan hari ini belum mendapatkan kucuran anggaran sedikitpun, padahal sangat diperlukan. “Ada tim anggaran ditugaskan kesini mereka presentasikan ternyata beberapa bagian bidang anggaran yang diambil alih oleh pihak provinsi,” ungkap Bupati.

“Kalau begitu apa yang mau kita kerja disini, berarti kita ini semacam boneka kah. Semua anggaran disana dan kita disini hanya disuruh-suruh saja kah,”imbuhnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait