Pasca Putusan MK, Situasi Kabupaten Boven Digoel Aman Dan Kondusif

  • Whatsapp

Jayapura – Tabaos14| Pasca putusan Mahkama Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilkada di Kabupaten Boven Digoel yang dibacakan pada hari Senin tanggal 22 Maret 2021 kemarin, situasi aman dan kondusif.

Dalam putusan tersebut Majelis Hakim MK membacakan putusan terkait dengan perkara nomor 132/PHP.BUP-XIX/2021 Kabupaten Boven Digoel yang intinya adalah Melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) tanpa mengikut sertakan Paslon Nomor 04 ( YUSAK YALUWO / YAKOBUS WEREMBA).

Bacaan Lainnya

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, meski terjadi penolakan yang dilakukan oleh pendukung 04 dengan membakar ban didepan kediaman calon nomor 4. Namun setelah dilakukan negosiasi oleh aparat kepolisian akhirnya aksi tersebut dapat diredam.

“Sejak kemarin setelah dilakukan negosiasi dan diberikan pengertian kepada massa di sana, massa tersebut mau mengikuti apa yang menjadi kehendak dan keinginan kita semua karena kita berharap untuk Kabupaten Boven Digoel tetap aman dan kondusif. Selanjutnya personil langsung melakukan pemadaman terhadap ban yang di bakar tersebut,” kata Kamal melalui press releasenya, Selasa (23/3).
Kamal mengatakan, untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif, sebanyak 400 personil gabunganTNI-Polri di siagakan terdiri dari Polres Boven Digoel, Brimob BKO dari Makasar maupun TNI-Polri yang ada di Merauke.

“Mudah-mudahan dengan adanya personil yang disiapkan ini situasi di Boven Digoel pasca putusan MK kemarin tetap kondusif. MK memberikan waktu sekitar 90 hari untuk melaksanakan PSU tanpa YY dan mudah-mudahan apa yang menjadi putusan MK ini di mengerti dan dipahami sehingga proses demokrasi kedepan akan berjalan aman dan kondusif,” ujarnya.

Kamal menambahkan, Kepolisian sangat mendukung dan berharap situasi ini harus tetap aman dan kedepannya Kabupaten Boven Digoel mendapat pimpinan yang terbaik yang akan membawa Boven Digoel 5 tahun kedepan.

“Dengan membuat perubahan baik dari pendidikan sarana dan prasarana sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik dan kehidupan masyarakat lebih sejahtera,” ujar Kamal.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait