Pangkotrad Beri Penghargaan Tujuh Prajurit Heroik Brigif 20/3 Kostrad

Tujuh Prajurit Brigif 20/3 Kostrad yang disebutkan siap menerima penghargaan langsung dari Pangkostrad.

 

TIMIKA – Tabaos14    I    Tujuh prajurit Brigif 20/3 Kostrad yang disebutkan atas nama Prada Wilyam Keni, Prada Musa Andi, Prada Lahasdin, Prada Marman, Prada Wahyudi, Prada Laode, dan Prada Arjan Sibela yang melakukan penyelamatan terhadap seorang penumpang KM Lauser bernama Dedi Bagus Setiawan (24) yang jatuh di perairan Laut Banda, Minggu (09/02) dipastikan akan menerima Penghargaan dari Panglima Kostrad (Pangkostrad).

Hal itu disampaikan Komandan Brigif 20/3 Kostrad, Kolonel Charles B. P. Sagala kepada awak media saat melakukan jumpa pers bersama ketujuh prajurit heroik tersebut di markas Brigif 20/3 Kostrad, Jumat (14/02).

Rencananya, penghargaan tersebut akan di berikan secara langsung oleh Pangkostrad di Jakarta, hari Senin (17/02) besok.

“Mereka diundang kesana, diundang ketujuh-tujuhnya dan nanti juga diupacarakan dan penghargaan diserahkan secara langsung oleh Pangkostrad,” kata Charles.

Charles menjelaskan bahwa, penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi yang tinggi-tingginya terhadap ketujuh prajurit itu. Mereka dinilai, sudah dengan spontan melakukan aksi pertolongan dengan kemampuan sebagai prajurit Cakra tanpa diperintahkan Dantonnya berdasarkan inisiatif dan rasa kemanusiaannya, sehingga dengan sigap melakukan pertolongan.

“Mereka masih muda dan memiliki jiwa kepahlawanan dan itu yang sangat diapresiasi Panglima Divisi maupun Panglima Kostrad,” jelasnya.

Charles mengungkapkan, selain mendapatkan penghargaan, pihaknya selaku komandan ketujuh prajurit heroik itu juga mengusulkan kepada Pangkostrad agar ketujuh prajurit tersebut bisa ditugaskan ke luar negeri. Alasannya, sebagai prajurit muda, ketujuh prajurit heroik itu bisa memiliki pengalaman pernah bertugas keluar negari.

“Saya sudah bersurat kepada Komando atas dan mudah-mudahan diapresiasi. Saya yakin, bapak Panglima akan mengapresiasi karena mereka ini punya modal jiwa kepahlawanan untuk membantu sesama,” ungkapnya.

Dengan aksi heroik tersebut, Komandan Komanda Brigif 20 Kostrad mengakui, merasa senang dan bangga kepada mereka yang telah berani dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi menyelamatkan masyarakat tersebut dari maut.

“Ketujuh (7) prajuri tersebut akan diberi penghargaan oleh Pangkostrad dan kita akan ajukan tugas luar negeri, ” tutur Charles.

Danbriguf 20 Kostrad menekankan bahwa, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk, “Reward and Punishment yang profesional atas kerja secara totalitas, tulus dan ikhlas. Danbrigif 20 Kostrad juga mengajak, agar seluruh prajuritnya untuk menjaga kekompakan, kedisiplinan. Terutama juga menghindari segala macam bentuk pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga maupun satuan.

“Mari kita sama-sama tingkatkan kinerja sebagai prajurit TNI AD agar menghasilkan karya yang berguna bagi TNI AD, Bangsa dan Negara. Mari kita wujudkan profil prajurit yang ditakuti lawan, disegani kawan dan dicintai rakyat,” ujarnya. (*#/samone)

Pos terkait