Palang Terminal Gorong Gorong Mama Mama Pengungsi Tiga Kampung Di Tembagapura Tuntut Minta Di Pulangkan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Puluhan mama mama pengungsi dari tiga kampung di Tembagapura memalang terminal antar jemput karyawan PT Freeport Indonesia di gorong – gorong, Timika, Kamis (14/1/21).

Aksi demo secara spontanitas oleh mama mama itu dilakukan menuntut agar Pemerintah dan Freeport segera memfasilitasi untuk kembali ke kampung mereka masing masing di Tembagapura.

Bacaan Lainnya

Ketua posko pengungsi mama Martina Natkime mengaku sejak DPRD bersama dengan Pemkab dan Freeport sepakat untuk mengembalikan mereka, namun hingga memasuki 2021 belum ada kejelasan kapan hal tersebut dilaksanakan.

Bahkan mereka menilai ada oknum sengaja mempermainkan untuk menghambat prose kepulangan mereka ke kampung halaman mereka masing masing. “Stop mempermainkan kami dengan berbagai alasan yang bertujuan menghambat kami kembali ke kampung halaman,” ungkap Martina.

Ia menegaskan jika belum ada jawaban dan masih mengulur waktu untuk proses pengembalian mereka, maka ia bersama mama mama pengungsi lainnya serta anak anak akan menempuh cara lain untuk kembali ke kampung halamannya.

“Jika masih mempermainkan kami maka kami akan kembali ke kampung halaman dengan cara kami sendiri yaitu berjalan kaki,” jelasnya.

Sementara itu puluhan aparat kepolisian Polres Mimika bersama dengan anggota satgas pengamanan yang dipimpin oleh Wakapolres Mimika Kompol I Nyoman Punia tiba di lokasi kejadian.

Wakapolres Mimika langsung mendekati dan memberikan imbauan kepada mama mama pengungsi. Terkait dengan kepulangan mereka masih dibicarakan oleh Pemkab dan Freeport.

“Saat ini Bupati Mimika bersama Kapolres, serta tim pemulangan sedang membahas untuk kepulangan para pengungsi karena beberapa fasilitas harus diperbaiki agar proses pengembalian pengungsi bisa berjalan lancar,” kata Wakapolres di depan warga pengungsi.

Sempat terjadi penolakan dari para pengungsi namun hal tersebut dapat diatasi, sehingga situasi kembali tenang.

Setelah beberapa kali Wakapolres berusaha memberikan penjelasan agar mereka kembali dan membubarkan diri. Akhirnya mama mama pengungsi serta kelompok lainnya dapat memahami dan sepakat membubarkan diri untuk kembali ke posko mereka.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait