Oknum Honorer Pemkab Mimika Kuras ATM Milik Teman Prianya Seorang ASN, Saldo 54 Juta Tinggal 100 Ribu

Kasat Reskrim Polres Mimika Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar.

Timika – Tabaos14 | Oknum pegawai Honorer Pemkab Mimika berinisial E (31) menguras ATM milik teman dekatnya seorang pria berinisial BK (47) yang merupakan ASN Pemkab Mimika.

Kasat Reskrim Polres Mimika Iptu Bertu Haridyka Eka Anwar di Mapolres Mimika, Senin (30/5/2022) mengatakan, kronologis kejadian bermula korban akan mengambil uang di ATM Bank Papua tidak bisa karena mesin meminta PIN karena salah, ternyata setelah dicek ATM tersebut bukan miliknya melainkan milik orang lain.

Lanjutnya, setelah dilaporkan di Bank Papua dan dilakukan pengecekan rekening korang ternyata yang tadinya saldo rekeningnya 54 juta tinggal tersisa 100 ribu saja.

“Setelah itu korban lapor ke Polres Mimika kemudian dilakukan pengembangan dan informasi di curigai pelaku teman dekat korban yang telah menguras isi ATM korban,” jelas Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim mengungkapkan pelaku ditangkap dirumahnya di jalan C Heatubun. Dari kerangan pelaku uang tersebut dipindahkan ke rekeningnya 19 juta kemudian sisanya untuk kepentingan pribadi.

“Motifnya ekonomi, pada saat berteman baik pelaku memanfaatkan kedekatannya dengan korban sehingga ada kesempatan menukar ATM pelaku dengan ATM lain yang sama, pelaku tidak tahu kalau ATMnya di curi oleh pelaku,” ungkapnya.

Kasat Reskrim menambahkan, pelaku sudah diamankan di rumah tahanan Polres 32.

“Pelaku dikenakan pasal 362 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” ujarnya.

 

Pos terkait