OKIA Dilantik Harus Bisa Jadi Mitra Pemerintah

Badan Pengurus OKIA Bersama Wabup Mimika saat pelantikannya.

TIMIKA – Tabaos14    I    Organisasi Kaum Intelektual Amungsa (OKIA) yang pada Sabtu (25/01/2020) lalu sudah memilih Ketua Umum, Raimondus Kelanangame dan Wakil Ketua umum, Antonius Tapipea melalui sidang musyawarah istimewanya, Jumat (06/03) melaksanakan pelantikan Badan Pengurus OKIA di salah satu hotel di Jalan Yos Sudarso, sekaligus dengan rapat kerja (Raker)-nya.

Acara pelantikan dilakukan Badan Pendiri OKIA yang diwakili, David Korangame yang mengusung Motto, ‘Aimuramo Yaware – Poka Aimikamo’ yang artinya, Membangun OKIA sebagai rumah intelektual Amungme – Kamoro.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos., M.M yang turut hadir dalam sambutannya mengatakan, OKIA berarti organisasi yang didalamnya terdapat kaum intelektual sehingga dengan adanya pelantikan tersebut, semua boleh bangkit dan benar-benar hadir serta membuka jati diri

“Saya berharap OKIA menjadi jembatan, menjadi mitra pemerintah dan mitra bagi seluruh masyarakat. Kita harus tunjukkan bahwa, anak – anak Amungme dan Kamoro di Kabupaten ini bisa maju. Selanjutnya bisa memberikan masukan kepada pemerintah, kepada lembaga, dan organisasi lainnya. Terbuka tentang pembangunan yang terbaik di Mimika,” serunya.

Ia berharap, OKIA harus membangun komunikasi didalam organisasi. Harus pula membangun komunikasi dengan organisasi kepemudaan yang lain, sehingga bisa menunjukan bahwa, OKIA itu ada.

“Kita harus bisa tampil dan membuat sesuatu di Mimika ini, OKIA harus bisa rangkul semua dan saya mau OKIA harus hadir di tengah Kabupaten ini dan menjadi pionir dan tombak terdepan,” tuturnya.

Selanjutnya Ketua umum, Raimondus Kelanangame usai dilantik mengatakan rasa terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya.

“Hari ini OKIA ada di atas tanah Mimika,
kita ini bukan anak angkat, kita ini anak kandung di Kabupaten Mimika. OKIA harus menjadi kaum intelektual yang menjadi ujung tombak, karena kalau kita hanya berdiam diri orang akan melihat kita sebelah mata,” serunya.

Sehingga dirinya mengajak, untuk semua unsur dalam OKIA agar bisa selalu menunjukan bahwa, OKIA adalah kumpulan kaum Intelek yang baik dan harus membawa kemajuan.

“Banyak sarjana yang sudah ada dengan berbagai bidang tapi jangan kita duduk diam-diam, harus kita tunjukan diri. Harus buktikan bahwa kita juga mampu bersaing,” ujarnya.

Ditambahkannya, OKIA harus menjadi rumah dan honai bagi putra-putri Amungme dan Kamoro.

“Apapun masalah kita, kita bisa datang di OKIA dan harus diselesaikan didalam organisasi ini. OKIA bisa tampil dan memberikan masukan dan ide-ide pemikiran serta kontribusi yang baik untuk Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Raimondus juga mengatakan, untuk pihak pemerintah, OKIA siap mendukung program pemerintah dalam pembangunan dan pihak TNI/Polri dalam menjaga keamanan.

“Kita harus siapkan yang terbaik untuk generasi yang akan datang sehingga mereka tidak kesulitan,” ujarnya.

Ia pun berpesan, agar kaum intelektual harus bisa mempersiapkan diri dengan baik baru bisa menuntut hak.

“Kita pulang sekolah dari tempat jauh, harus pulang membawa hasil. Jadi, saya harap kita bisa menjadi orang yang berintelek. Mari tunjukan kemampuan kita sehingga apa yang kita minta itu mempunyai dasar,” tuturnya. (*#/samone)

Pos terkait