Ojek Perahu Bisa Capai Omset Rp300 Ribu Perhari

Para nelayan yang diangkut menggunakan perahu.

 

TIMIKA – Tabaos14    I    Banyaknya kapal-kapal ikan yang berlabuh di sekitar pelabuhan PPI, membuat sejumlah masyarakat lokal mendapatkan lapangan pekerjaan baru sebagai Pengojek Perahu.

Keseharian mereka hanya mengantar dan menjemput para nelayan yang berada di kapal ikan yang berlabuh agak jauh dari pelabuhan, lumayan juga penghasilannya karena bisa mencapai Rp300 ribuan sehari.

“Jumlah perahu tidak tentu, kadang banyak, kadang sedikit,” kata salah satu pengojek perahu yang diketahui berinisial, Yohanis saat ditemui di dermaga apung PPI, Rabu (29/01).

Ia menjelaskan, sekali angkut, per orang dikenakan tarif Rp10 ribu. Jadi dalam sehari saja terdapat 200 hingga 300 nelayan yang membutuhkan jasa mereka agar bisa diantar sampai ke pelabuhan agar mereka bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari, kemudian kembali lagi ke kapal.

“Satu kepala Rp10 ribu, sehari keuntungan bisa sampai Rp300 ribuan. Tapi itu juga tergantung dari nelayan yang ada keperluan,” jelasnya.

Para nelayan yang membutuhkan jasa angkutan, tentunya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal di sekitar pelabuhan Poumako.

“Membuka lapangan pekerjaan buat masyarakat lokal,” tuturnya. (Mrc)

Pos terkait