Norman : Kalah Menang Urusan Belakang Yang Penting Tunjukan Sifat Nasionalisme

  • Whatsapp
gapura merah putih Kampung Nawaripi

Timika – Tabaos14 | Memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-76, Pemerintahan Kampung Nawaripi Distrik Wania terlibat dalam perlombaan gapura yang diselenggarakan oleh panitia 17 Agustus Pemkab Mimika.

Kepala Kampung Nawaripi, Norman Ditubun mengatakan, pembangunan gapura sebagai antusiasme warga Nawaripi yang turut serta dalam menyemarakan hari kemerdekaan RI.

Bacaan Lainnya

“Kalah atau menang itu urusan nanti yang penting kita turut serta menyemarakan kemerdekaan kita,” kata Norman di BLK Nawaripi, Jumat (13/8/2021).

selain itu, pembangunan gapura tepat dipintu masuk kampung Nawaripi itu merupakan gapura permanen dengan tinggi kurang lebih 6,5 meter.

Gapura tersebut diberi nama gapura merah putih untuk mengenang perjuangan dan jasa-jasa kedua pejuang merah putih pada masa pendudukan belanda di Irian Barat (Papua kini-red).

Didalam spanduk terpampang gambar presiden dan wakil presiden, beserta Bupati dan wakil Bupati Mimika, dan dua pejuang merah putih asli Nawaripi yakni Yohanes Aikawe, dan Leo Urmami.

Dua Pejuang Merah Putih, Yaitu Yohanis Aikawe dan Leo Urmami merupakan putra asli Nawaripi yang bersama – sama dengan TNI-Polri memperjuangkan Merah Putih di tanah papua khususnya di Mimika sekitar tahun 60-an.

“Dua Pejuang tersebut merupakan putra asli kampung nawaripi,” Kata Norman sambil menunjukan Piagam Penghargaan yang diberikan oleh Presiden Seoharto yaitu yang pertama kepada Yohanis Aikawe pada tanggal 2 Agustus 1976, dan yang kedua kepada Leo Urmami pada tanggal 13 Oktober 1984.

Lebih lanjut,  Norman menyampaikan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat kampung nawaripi yang telah mendukung pemasangan spanduk dan pengecatan agpura bernuansa merah putih.

“Sepanjang masa kepemimpinan saya, maka setiap tahun kami akan menggelorakan Bandera Merah Putih dari Nawaripi untuk Indonesia tercinta,” tutup Norman.

Pos terkait