Nelayan Di Kokonao Dapat Sertifikasi Dari Dinas Perikanan Mimika

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Untuk memaksimalkan pemberian bantuan alat tangkap yang tepat sasaran, Dinas Perikanan Kabupaten Mimika mengatakan bagian bidang tangkap melakukan sertifikasi nelayan di Kokonao beberapa hari lalu yang merupakan lanjutan program tahun sebelumnya

“Artinya setiap tahun kita mendata nelayan di pesisir, supaya kita tahu jumlah nelayan itu berapa banyak, kelompok nelayan ini masih aktif atau tidak, dan bantuan alat tangkap yang kita berikan itu berfungsi dan digunakan secara baik atau tidak “Kata Kepala Dinas Perikanan Leentje Siwabessy di ruang kerjanya, Rabu (2/6).

Bacaan Lainnya

Leentje menjelaskan selain mengetahui jumlah nelayan, juga untuk mengetahui kendala-kendala nelayan saat dilapangan dan lainnya, sehingga hal tersebut dijadikan buku profil dinas perikanan atau dengan istilah zona perikanan.

“Rata-rata masyarakat di pesisir sebagian besar profesi nelayan, dengan rata- rata dalam satu rumah terdapat tiga sampai empat nelayan,” jelasnya.

Leentje menambahkan bahwa, pihaknya juga terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan kepala-kepala distrik agar kedepannya ketika menyusun kebutuhan nelayan, pihaknya sudah tau bahwa kebutuhan nelayan di masing- masing distrik pesisir.

“Jadi kita juga beracuan pada musrenbang, dan tidak terlepas dari usulan masyarakat, kepala distrik dan lainnya. Tetapi juga tidak semua kebutuhan nelayan kita penuhi, karena kita sesuaikan dengan anggaran yang ada,”ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait