MUI Mimika Perkirakan Awal Ramadhan Jatuh 13 April, Pemkab Mimika Izinkan Shalat Tarawih Di Masjid

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika memperkirakan awal bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada tanggal 13 april 2021. Pemkab Mimika sendiri mengizinkan umat islam Mimika untuk melaksanakan salat tarawih di Masjid.

Ketua MUI Kabupaten Mimika H. Muhammad Amin AR S.Ag mengatakan meski demikan untuk kepastian awal Ramadhan, masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat, Dalam hal ini Kementerian Agama melalui sidang Isbat yang dilakukan pada 12 April 2021 nanti.

Bacaan Lainnya

“Insha Allah awal Ramadan jatuh pada tanggal 13 April 2021, tapi itu ,” kata Ustad Amin dan Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob dalam kegiatan Tarhib Ramadhan di aula gedung serba guna Masjid Ar Rahman, Sabtu (10/4/2021).

Kegiatan Tarhib tersebut dihadiri oleh 12 Organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam yang ada di Kabupaten Mimika.

Ustad Amin mengungkapkan bahwa, kegiatan ‘amaliyah’ (ibadah) selama Bulan Suci Ramadan, akan tetap melaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) , yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Menurutnya mencuci tangan, pasti umat muslim lakukan. Karena sebelum salat, pasti mengambil air wudhu untuk mensucikan diri.

“Untuk prokes, kami sudah uji coba melalui pelaksanaan salat jumat, dan itu berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Terkait kegiatan Tarhib Ramadhan menurut Amin kegiatan tersebut sebagai bentuk kebahagiaan umat muslim, dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1442 H/2021 M. Kegiatan Tarhib Ramadhan selalu di laksanakan oleh umat Islam di Mimika dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan

“Tahun lalu kan umat muslim di Mimika vakum, karena adanya pandemi Covid-19. Namun tahun ini, kami menggelar ‘Tarhib Ramadhan’ yang artinya menyambut. Jadi kami (umat muslim) bersuka cita menyambut Ramadhan,” tuturnya.

Sementara pernyataan Pemkab Mimika yang memperbolehkan pelaksanaan Salat disampaikan oleh Wabup Rettob dalam sambutannya pada kegiatan Tarhib Ramadhan mengatakan, tentunya pelaksanaan Salat Tarawih di masjid dengan menerapkan protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

“Mimika masih menerapkan adaptasi kehidupan baru (AKB), yang bertujuan mendorong pencegahan penularan covid. Mudah-mudahan tidak ada peningkatan kasus Covid-19 di negeri ini, khususnya Mimika. Karena kalau terjadi, kemungkinan akan ada perubahan kebijakan,” tuturnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait