Modus Buang Miras Bawaan Kelaut Oleh Penumpang Kapal di Poumako Tidak Terjadi Lagi

Kasatpol Airud Polres Mimika,Iptu Stefanus Yimsi.

Timika – Tabaos14 | Kasatpol Airud Polres Mimika,Iptu Stefanus Yimsi mengatakan, modus buang miras bawaan kelaut oleh penumpang kapal yang akan sandar dipelabuhan tidak pernah terjadi lagi. Hal tersebut karena dalam pengawasan ketat Satpol Airud Pores Mimika.

“Kalau dulu bisa lolos tapi sekarang kami sudah awasi ketat. Selama pengamatan kami, cara atau trik mereka itu disepanjang muara dan kadang di alur kali itu sudah tidak ada lagi,”kata Iptu Stefanus Yimsi, Rabu (27/7/2022).

Walaupun dengan keterbatasan personil, mantan Kasi Propam Polres Mimika berkomitmen tetap berupaya melakukan pengawasan setiap kali kapal-kapal masuk maupun keluar di pelabuhan Poumako.

“Informasi seperti itu sekarang sudah jarang kita dengar selain kapok karena ada yang pernah tertangkap. Dan kapok karena ada beberapa masyarakat yang sudah tahu kalau setiap kapal masuk pasti ada yang buang ke muara dan itu langsung diambil dan dibawah kabur,”ungkapnya.

Untuk diketahui modus atau cara yang digunakan untuk selundupkan minuman dari luar Timika adalah sebelum kapal penumpang sandar dipelabuhan, terlebih dahulu mereka membuang barang (miras) yang sudah dikemas rapih ke muara Poumako, yang selanjutnya diambil setelah turun dari kapal atau akan diambil oleh orang-orang yang sudah diberikan tanggungjawab untuk mengambil barang tersebut.

Miras tersebut rata-rata dibawah dari luar dan akan diperjual belikan di Timika. Dalam pengawasan ketat yang dilakukan oleh petugas keamanan gabungan ketika penumpang kapal turun itu masih saja mendapati miras, namun tidak mendapatkan pemilknya karena pemilknya sudah melarikan diri.

Pos terkait