Mimika Tak Mau Kucurkan APBD Untuk Akomodasi PON

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H

 

TIMIKA – Tabaos14    I    Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Mimika tidak mau mengucurkan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk keperluan Akomodasi seperti transportasi, konsumsi dan penginapan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Jika untuk membangun fasilitas penunjang PON, Mimika bersedia mengeluarkan anggaran dari APBD Kabupaten Mimika.

“Untuk membangun Fisik, boleh. Tapi untuk akomodasi, kami tidak akan keluarkan dari APBD kami. Kalau untuk akomodasi kami butuh suntikan dana,” kata Bupati di Kantor Pusat Pemerintahan, Selasa (18/02) lalu.

Bupati mengungkapkan, untuk akomodasi Kabupaten Mimika membutuhkan suntikan dana sebesar Rp600 Milyar dari PB PON Provinsi dan PB PON Pusat. Sehingga Bupati berharap, dari provinsi dan pusat segera mentransver dana ke Kabupaten Mimika sebagai salah satu klaster PON 2020. Jika tidak ada suntikan dana, maka semua kegiatan yang menyangkut dengan PON tidak akan berjalan.

“Kalau ingin PON di Mimika sukses, ya paling lambat Maret ini anggran dikucurkan kepada kami, karena saya tidak mau keluarkan dari APBD,” ungkap Bupati.

Menurut Bupati, PON merupakan program Nasional. Jadi, pihaknya sudah mengeluarkan anggaran untuk pembangunan fisik dari APBD. Seharusnya, ada pihak sponsor dari swasta dan kucuran anggaran dari pusat untuk membangun suksesnya PON tersebut.

“PON itu program Nasional, lho. Jadi, kita tunggu suntikan anggaran karena selama ini kami tidak ada yang bantu,” tuturnya.

Bupati menambahkan, sesuai arahan dari Gubernur Papua, agar daerah yang sudah melakukan panjar di semua hotel, diminta agar dananya segera ambil kembali. Bahkan kata bupati, dirinya sudah mengumpulkan semua pengusaha hotel, untuk segera kembalikan uang panjar tersebut.

“Saya sudah kumpulkan semua pengusaha hotel, agar daerah mana yang sudah melakukan panjar, dikembali saja dulu,” ujarnya. (*#/samone)

Pos terkait