Mimika Siap Lockdown Jika Muncul Satu PDP Corona

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., MH usai pelaksanaan apel siaga Covid-19, Kamis (19/03). (Foto/video: mee/istimewa)

TIMIKA – Tabaos14    I    Bupati Mimika menegaskan bahwa Kabupaten Mimika siap di Lockdown alias ditutup bagi masuk keluarnya manusia, jika kedapatan ada satu saja Pasian positis Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) ini.

“Langsung Lockdown dan saya tidak mau tahu,” kata Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., MH dalam apel siaga yang digelar di Lapangan Sentra Pemerintahan Mimika, Kamis (19/03).

Terkait Lockdown-nya suatu daerah akibat mewabahnya Covid-19 ini harus berdasarkan keputusan presiden, Bupati Omaleng menegaskan bahwa ini Mimika dengan ciri khas dan keunikannya yang tidak mungkin diketahui cepat oleh pemerintah pusat. Jadi tindakan Lockdown yang sudah dikatakannya, siap dilakukan jika memang kedapatan ada yang positif Covid-19 itu.

Bupati Eltinus Omaleng didampingi Wabup Johannes Tertib dan Ketua DPRD Mimika, Robby Omaleng serta Direktur RSUD Mimika, Antonius Pasulu saat meninjau fasilitas kesehatan di ruang isolasi bagi pasien covid-19. (Foto:mee)

“Tidak, itu tanggung jawab daerah. Pusat urusan pusat tapi daerah ini tanggung jawab saya selaku Bupati,” tegas Bupati Omaleng lagi.

Bahkan Lockdown itu, jelasnya, bisa jadi untuk waktu yang tidak terbatas. Alasannya, ungkap Bupati Omaleng, masyarakat asli di Mimika terutama juga tidak tahu soal penyakit ini. Datang darimana dan bagaimana penularannya, jadi sudah menjadi tanggung jawabnya selaku pimpinan daerah untuk bertindak menyelamatkan masyarakat.

Karenanya, pemerintah daerah Kabupaten Mimika juga telah mengambil langkah agar pelayanan tetap berjalan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah ini harus terus bekerja, meskipun dari rumah masing-masing.

“Jadi pegawai juga bukan libur tetapi kerja dari rumah, ” pesan Bupati Omaleng. (Mee/Sam)

 

 

Pos terkait