Mimika Memiliki Poin Tertinggi Layak Jadi Ibukota Papua Tengah

Bupati Mimika Eltinus Omaleng SE,MH
Bupati Mimika Eltinus Omaleng SE,MH

TIMIKA – Tabaos14 | Bupati Mimika Eltinus Omaleng SE MH mengatakan bahwa hasil kajian kelayakan memjadi ibukota Papua Tengah dari Universitas Gajah Mada (UGM) Kabupaten Mimika memiliki poin-poin lebih tinggi dari Kabupaten-Kabupaten lain. Sehingga dilihat dari poin tesebut Kabupaten Mimika dinilai sangat layak menjadi ibukota Papua Tengah.

“Ada tiga poin dari Kabupaten Mimika yang unggul dari Kabupaten lainnya, di Nabire saja cuma dua poin. Dari itu saya yakin ibu kota Papua Tengah ada di Timika,” kata Bupati Omaleng di hotel Grand Mozza, Kamis (30/1).

Bacaan Lainnya

Bupati mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat DPR RI akan datang ke Kabupaten Mimika untuk melihat dan mendengar aspirasi masyarakat. Jika nantinya hasil kunjungan DPR RI tersebut menilai kelayakanya terpenuhi selanjutnya akan di buatkan Undang-Undangnya.

“Kalau masyarakat mendukung maka mereka kembali untuk disahkan. Kalau sudah di Undang-Undangkan ya pasti Ibu kota di Mimika,” ungkapnya.

Menanggapi isu-isu yang berkembang yang menyatakan Mimika pasti menjadi ibu kota Papua Tengah menurut Bupati pihaknya bersama Bupati-Bupati lainnya tidak mau terbuai dengan isu-isu tersebut. Pihaknya terus berjuang sampai terbentuknya Propinsi Papua Tengah.

“Itu hanya isu-isu penyemangat saja, kami bersama tim tetap kerja terus sampai jadi,” tuturnya.

Bupati menambahkan untuk progres perjuangan Papua Tengah bersama timnya dan Bupati-bupati lainnya saat ini dari Jogja berangkat ke Jakarta untuk bertemu Dirjen Otonomi Daerah (Otda).

“Setelah dari Ditjen Otda mereka akan melakukan pertemuan dengan DPR RI Komisi II untuk menanyakan kapan turun ke Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Pos terkait