Mimika Deklarasi Dukung DOB dan Otsus Jilid II

Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat menyampaikan sambutannya dalam deklarasi Mimika dukung DOB dan Otsus jilid II di di Gereja Kingmi Marthen Luther mile 32, Rabu (15/6/2022).

Timika – Tabaos14 | Kabupaten Mimika lakukan deklarasi dukungan terhadap Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi khusus (Otsus) jilid II, dengan menggelar deklarasi damai di Gereja Kingmi Marthen Luther mile 32, Rabu (15/6/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng selaku deklarator dukungan terhadap DOB dan Otsus jilid II. Di hadiri oleh sejumlah partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, perempuan dan dihadiri oleh perwakilan tiap kerukunan daerah yang berada di Mimika.

Penandatanganan deklarasi dukung DOB dan Otsus jilid II oleh para tokoh Kabupaten Mimika.

Dalam sambutannya Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang juga selaku deklarator membacakan membacakan ikrar Mimika bersatu wilayah Mepago mendukung DOB dan Otsus jilid II yaitu Pertama, mendukung upaya penyelesaian konflik di Papua secara bermartabat demi tercapainya Papua damai.

Kedua, mendorong penyelesaian masalah Papua secara rekonsiliasi dan restitusi menuju Papua yang aman. Ketiga, mendukung Otsus Jilid II dan Pemekaran Papua Tengah (DOB).

Bupati Omaleng juga menyampaikan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Serta para menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju, secara khusus kepada Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian termasuk TNI Polri yang selama ini telah menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Mari kita bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah pusat yang sudah menetapkan pemekaran Provinsi Papua Tengah, daerah otonomi baru menuju Papua damai, sejahtera, bermartabat dan menjadi tuan di negeri sendiri,”teriak Bupati Omaleng dihadapan ribuan massa.

Lebih lanjut, Omaleng kembali menegaskan bahwa seluruh masyarakat, tokoh-tokoh, dan para petinggi Mepago mendukung rekonsiliasi menuju Papua damai.

“Saya Ketua Asosiasi Bupati Mepago. Atas nama tujuh kabupaten, hari ini kita deklarasi. Warga Kabupaten Mimika 350 ribu jiwa yang ada di kabupaten mimika, saya atas nama mereka anggaplah siapa pun yang tidak datang dan tidak datang, itu sah,”ungkap Omaleng

“Kami bupati Mimika, Ketua DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, dan tokoh pemuda wilayah adat Mepago mendukung penuh rekonsiliasi menuju Papua damai. Mendorong sosialisasi keberlanjutan otonomi khusus demi kesejahteraan masyarakat wilayah adat Mepago” tegas Omaleng.

Usai melakukan deklarasi dilanjutkan dengan dilakukannya penandatangan sikap bersama yang dilakukan oleh Bupati Eltinus Omaleng, ketua DPRD, tokoh masyarakat, agama, adat, perempuan dan tokoh pemuda. Kemudian dilanjutkan kembali dengan syukuran adat Bakar Batu.

Pos terkait