Mimika Belum Temukan ODP dan PDP

Ketua TGTPP Kabupaten Mimika, Reynold Ubra. (Foto/Video: Sam Nussy)

TIMIKA – Tabaos14    I    Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Mimika, Minggu (22/03) menegaskan bahwa, sampai sore pukul 15.00 WIT belum ditemukan Orang Dalam Pemantauan (ODP) maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Mimika.

 

“Issu yang menanyakan bahwa di Mimika sudah ada ODP maupun PDP itu tidak benar,” kata Ketua TGTPP Kabupaten Mimika, Reynold Ubra dalam Jumpa Pers-nya malam tadi di Sekretariat TGTPP Mimika, Jalan Cenderawasih Timika Jaya SP2.

Dikatakannya, untuk menentukan apakah seseorang itu berstatus ODP atau PDP, itu tidaklah mudah. Selain harus memenuhi kriteria yang dilakukan bukan hanya sekedar dengan wawancara saja, melainkan harus dengan tindakan pemeriksaan yang teliti.

 

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada kriterianya, bahkan juga ODP. Sehingga tidak bisa asal memberikan status.

Berdasarkan penjelasan itu, Ubra kembali menegaskan bahwa untuk Mimika sampai saat ini belum ditemukan ODP maupun PDP itu.

 

Lebih jauh juga dijelaskan Reynold Ubra, untuk menentukan status ODP maupun PDP itu sudah ada pedoman dari Kemenkes yang wajib juga digunakan di Kabupaten Mimika.

 

Hal itu, kata Ubra jelas harus dilakukan dengan sangat hati-hati dan dalam prosesnya harus difollowup atau ditindak lanjuti terus-menerus.

Karenanya ada sejumlah langkah-langkah yang akan dilakukan Tim Gugus Tugas ini di Kabupaten Mimika, ada langkah isolasi bahkan karantina.

“Kita akan terus mengkampanyekan semua upaya-upaya pencegahan itu ke depannya,” ucap Ubra. (Sam Nussy)

 

 

Pos terkait