Meski Dirumahkan Tenaga Honorer Damkar Tetap Bekerja

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika Sem Naroba mengatakan untuk kesiagaan terhadap bencana kebakaran honorer di bagian Pemadam Kebakaran (Damkar) terpaksa harus tetap bekerja meskipun tidak masuk dalam pengecualian honorer yang tidak diberhentikan.

“Damkar itu tenaga inti kemarin memang kita mau berhentikan mereka sesuai edaran tapi damkar itu tenaga inti yang siap siaga jangan sampai ada kebakaran lalu siapa yang akan siaga,”Kata Sem Naroba diruang kerjanya, Rabu(2/6/2021).

Bacaan Lainnya

Sem mengungkapkan bahwa untuk tenaga Damkar sendiri saat ini yang PNS hanya berjumlah 4 orang, sisanya semua pegawai honorer. “Hanya 4 PNS saja ditambah dengan honorer, dan mereka masih tetap stand by. Karena di Timika rawan kebakaran, untuk itu kami sudah menyurat ke pimpinan (Bupati ) terkait ini,” ungkapnya.

Sem menambahkan, nanti pihaknya pun berencana membangun 5 titik pos damkar di beberapa distrik dan tenaga yang akan disebar adalah honorer. Menurutnya, petugas Damkar adalah petugas yang sudah terlatih dan mereka harus tetap standby. Sehingga jika ada orang baru, otomatis harus ada pelatihan lagi,” ucapnya.

Untuk itu, khusus honorer di Damkar tetap bekerja, namun honorer bagian umum di kantor BPBD sementara di rumahkan sejak tanggal 1 Juni. Dimana secara keseluruhan baik honorer di kantor BPBD maupun petugas Damkar berjumlah sekitar 50 orang.

“Jadi kami tetap ikuti sesuai edaran bupati kemudian kami punya pegawai honorer di BPBD itu kita akan siapkan mereka dengan mereka punya beban tugas masing masing yang diminta atau analisis kebutuhan itu nanti menjadi tugas pimpinan OPD,” kata Sem.

Sem mengatakan pihaknya akan ikuti petunjuk dari Bupati dan bisa mengakomodir anak – anak Amungme dan Kamoro. “Jadi kita tunggu dari pimpinan OPD mengenai analisis kebutuhan tapi intinya ada dua suku dan memang selama ini ada honorer amungme kamoro di OPD kami,” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait