Meski Diberhentikan Honorer Kelurahan Perintis Tetap Bekerja Kelola Sampah

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Meski telah di berhentikan sesuai dengan surat Bupati Mimika nomor 800/313 staf honorer Kelurahan Perintis Distrik Mimika Baru tetap datang bekerja dengan suka rela tanpa imbalan untuk melakukan pemungutan dan pengawasan sampah di wilayah Kelurahan Perintis.

Hal tersebut ditakutkan pebnnganan sampah yang sudah berjalan satu bulan tidak berjalan lagi dan warga akan kembali membuang sampah sembarangan. Pasalnya untuk penanganan sampah di Mimika sendiri sesuai dengan Perda nomor 11 tahun 2012 dan instruksi Bupati nomor 6 tahun tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Lurah Perintis Yusran Hatala S.AP mengatakan bahwa untuk penangaban sampah di wilayah kerjanya pihaknya sangat membutuhkan staff honorer agar masalah sampah dapat teratasi. Pasalnya sampah di Kelurahan Perintis setiap hari kurang lebih 2 Ton dan di angkut oleh staff honorer.

“Pengawasan dan pengangkutan sampah di wilayah kelurahan di lakukan dari RT 1 sampai RT 12,” kata Yusran saat ditemui di ruang kerjanya, (7/6/2021).

Yusran mengungkapkan bahwa staff honorer Kelurahan Perintis jumlahnya sebanyak 11 orang. Semua honorer tersebut aktif terlibat dalam pengawasan dan pengangkutan sampah. “Staff honor secara langsung turun lapangan untuk sosialisasi dan angkat sampah, “ungkapnya.

Yusran menjelaskan bahwa metode yang diterapkan dalam pemungutan sampah di Kelurahan Perintis yaitu dari rumah kerumah dengan sarana dan prasarana yang adayang disediakan oleh Pemkab Mimika diantaranya, motor roda tiga dan mobil pick up.

Untuk membiayai operasional dan perawatan kendaraan pengangkut sampah yaitu dengan menggukan retribusi sampah yang dipungut dari warga berdasarkan Perda nomor 7 tahun 2021.

Untuk pengelolaan sampah sendiri dilakukan dengan dua kelompok yang dilakukan dengan dua shif yaitu shif pagi dan shif sore yang dilakukan oleh tenaga honorer. Adapun yang dilakukan oleh tenaga honorer tesebut antara lain memungut, memilah dan mengangkut sampah.

“Sampah-sampah dari shif pagi sementara ditampung di lahan kantor Kelurahan Perintis dan pada malam harinya baru diangkut ke kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dengan menggunkan mobil pick up,”jelasnya.

Yusran menambahkan selain melakukan pengelolaan sampah pihaknya juga melakukan sosialisasi terkait kebersihan lingkungan. Sosialisai tersebut meliputi sosialisasi terkait Perda nomor 11 tahun 2012 dan instruksi Bupati nomor 6 tahun tahun 2021 kepada RT RT.

Selanjutnya melakukan pemasangan spanduk dibeberapa titik terkait pentingnya kebersihan lingkungan. Kemudian melakukan sosialisasi langsung kepada warga Kelurahan Perintis dengan melakukan pertemuan tatap muka. “Sosialisasi yang kami lakukan disambut baik oleh warga, selain itu kami juga menampung banyak aspirasi dari para warga. Masyarakat juga sepakat kalay sampah dipungut dan diangkut oleh para tenaga honorer Kelurahan, “ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait