Menpora Pastikan Papua Layak Jadi Tuan Rumah PON XX

Suasana pembukaan Chef de Mission Meeting I KONI se-Indonesia

SENTANI – Tabaos14    I     Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainuddin Amali memastikan Papua Layak dan Siap sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada bulan Oktober 2020 mendatang.

Hal ini ia sampaikan saat membuka kegiatan Chef de Mission Meeting I KONI se-Indonesia yang digelar di Hotel Suni Lake Garden Sentani, Kamis (13/02).

Menurutnya, setelah datang dan mengunjungi langsung venue-venue dan tempat penginapan di Papua, pihaknya pun merasa optimis bahwa Papua sudah sangat siap untuk menjadi penyelenggara PON XX.

“Saya sudah masuk ke Stadion Papua Bangkit, saya merasa bukan di Papua karena bangunannya sangat megah dan berstandar internasional. Perawatan gedung harus diperhatikan, karena pengalaman sebelumnya, gedung yang digunakan sebagai tempat kegiatan langsung ditinggal dan tidak terurus,” pesan Menpora, Zainuddin Amali mengingatkan.

Dikatakan pula, bahwa untuk segi keamanan, pihaknya bahkan sudah memberikan instruksi kepada Kapolda serta Pangdam XVII Cenderawasih untuk menjamin keamanan.

“Mereka sudah katakan, keamanan terjamin untuk pelaksanaan PON XX. Saya bahkan sudah buktikan keluar malam sendiri hanya untuk membuktikan kalau Papua itu aman,” katanya lagi.

Sementara Ketua KONI Pusat, Marciano Norman mengatakan, bahwa pada dasarnya untuk kesiapan Papua sebagai tuan rumah pelaksana PON XX ini, sudah terlihat didepan mata.

“Kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah Papua atas pembangunan fasilitas di empat cluster yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan PON XX,” paparnya.

Menurutnya, persiapan Provinsi Papua untuk menjadi tuan rumah PON sungguh luar biasa karena telah berhasil membangun venue-venue yang berskala internasional.

“Kami ucapan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah meningkatkan prestasi atlet di tanah air untuk mengikuti PON XX. Dalam kegiatan ini, kami ingin melihat kesiapan PB PON dalam menghadapi PON XX,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab menegaskan, bahwa sesuai arahan Kapolri dan Panglima TNI, pelaksanaan PON XX di Papua adalah tanggungjawab TNI/Polri dalam segi keamanan.(**/and/samone)

Pos terkait