Menkopolhukam Minta Masyarakat Papua Tetap Jaga Ideologi Pancasila

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mahfud MD meminta, seluruh masyarakat mimika khususnya Papua untuk tetap menjaga ideologi Pancasila, dan tidak termakan isu yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui bingkai NKRI.

“Negara kita berdasarkan Pancasila yang mana menyatukan dari berbagai perbedaan serta keberagaman dalam kita bernegara,” kata Mahfud MD ketika melakukan silahturahmi dengan Forkompinda Prov. Papua, Forkompinda Pemda Mimika, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan kalangan Akademisi Kab. Mimika di hotel Rimba Papua, Rabu (22/7) malam.

Muat Lebih

Ia menjelaskan, perkembangan politik terkini adalah dimana RUU HIP mendapat penolakan dari berbagai kalangan masyarakat.

“Walaupun dinilai masih wajar di dalam demokrasi yang memerlukan saran masukan dari lapisan masyarakat secara luas,” kata Mahfud MD

Menurutnya, banyak pihak yang ingin menggantikan negara Pancasila seperti RMS, GAM, Permesta dan lain sebagainya. Akan tetapi sampai dengan saat ini hal itu tidak bisa dilaksanakan.

“Kita tidak boleh saling menjatuhkan hanya karena perbedaan akan tetapi kita harus menyadari bahwa dari perbedaan itu kita dapat bersatu dalam Pancasila sebagai ideologi negara,” katanya.

Mahfud menambahkan, Pemerintah Indonesia telah berbuat tidak adil kepada daerah lain dan terus memprioritaskan kepada Papua. Di Indonesia di bidang pendidikan ada program ADIK yang diperuntukkan kepada putra putri Papua untuk masuk kuliah tanpa test.

“Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk memberikan beasiswa bagi pelajar dari Papua, Papua Barat dan daerah 3T berkuliah di perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Beasiswa ini telah menyediakan biaya pendidikan, biaya hidup, dan sebagainya,” katanya.

Kegiatan silaturahmi ini juga dihadiri oleh Mendagri Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono, Kasum TNI Letjen TNI Jhoni Sopriyanto, Wakil Ketua I DPD RI Nono Sampono, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.

Pertemuan acara tatap muka Menkopolhukam dan rombongan adalah dalam rangka kunjungan kerja guna menyerap aspirasi sekaligus mendapatkan gambaran terkait penanganan sejumlah issu diantaranya Otsus, Covid dan keamanan.

Direncanakan Hari ini = 23 Juli 2020 rombongan akan meninggalkan Kabupaten Mimika selanjutnya melakukan kunjungan kerja ke wilayah Ambon.

Reporter/Editor : Tahir

  • Whatsapp