Menang Di PTUN 9 Kepala Kampung Demo Tuntut Bupati Segera Melantik Mereka

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Ratusan massa pendukung dari 9 kepala kampung melakukan aksi demo di halaman kanto pusat pemerintahan Kabupaten Mimika, jalan Poros Kuala Kencana, Sp3, Senin (1/02). Mereka menuntut agar Bupati Mimika segera melantik kepala kampung mereka, sesuai dengan putusan perkara Nomor 19/G/2020/PTUNJPR pada tanggal 17 November lalu yang dimenangkan oleh mereka.

Dalam orasinya penanggung jawab aksi Max E Jikwa, mempertanyakan mengapa putusan PTUN belum juga ditindaklanjuti Bupati Mimika. Ia menilai putusan Bupati Mimika tidaklah berdasarkan aturan melainkan berdasarkan seleranya semata.

Bacaan Lainnya

“Meminta agar Bupati Mimika tidak kebal hukum melainkan harus menghargai hukum yang berlaku di negara ini (Indonesia). Kami datang minta keadilan, kami minta Bupati Mimika segera tindaklanjuti putusan PTUN nomor 19/G/2020/PTUNJPR, yang merupakan amanah dari undang- undang di negara ini,” teriak Max.

Sayangnya aksi unjuk rasa 9 kepala kampung bersama dengan massa pendukungnya gagal menemui Bupati Mimika. Selanjutnya massa ditemui perwakilan pemerintah Penjabat Sekda Mimika Jenny Osmani, Asisten I Setda, Staf Ahli Bupati Max Werluken dan Demian Katiop.

Dihadapan para pejabat tersebut, Max Jikwa menyampaikan jika dalam 10 hari untuk segera melantik mereka, maka massa akan kembali kembali melakukan unjuk rasa.Usai menyampaikan orasi dan pernyataan sikap 9 kepala Kampung bersama dengan pendukungnya membubarkan diri.

Diketahui, 9 kepala kampung melakukan gugatan ke PTUN lantaran Bupati menolak melantik mereka. Dalam gugatan tersebut Pengadilan Tata Usaha Negara memenangkan gugatan 9 kepala Kampung itu.

Dalam putusan atas perkara Nomor 19/G/2020/PTUNJPR pada tanggal 17 November lalu. majelis hakim PTUN Jayapura membatalkan Keputusan Bupati Mimika Nomor: 148 Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Kampung pada Distrik di Kabupaten Mimika periode Tahun 2019-2025. Selanjutnya, Bupati Mimika wajib menindaklanjuti putusan PTUN Jayapura itu dengan melantik sembilan pengugat menjadi kepala kampung.

Adapun sembilan kepala kampung tersebut adalah Max Edwar Jikwa selaku kepala kampung Tunas Matoa. Kanditer Wakerwa terpilih di kampung Walani. Thomas Kum terpilih di kampung Olaroa. Perius Ronal Murib terpilih di kampung Damai. Kowe Wenda terpilih di kampung Bintang Lima. Jhon Magal terpilih di kampung Noselanop. Jhon Beanal terpilih di Jomgkogama. Yokunud Murib terpilih di kampung Utikini 2 dan Alkius Kiwak terpilih di kampung Wangirja.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait