Masuk Tahap Lelang Peningkatan Jalan Di Kononao Segera Dikerjakan

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR) Kabupaten Mimika mulai merealisasikan pembangunan Jalan di Kokonao Distrik Mimika Barat. Saat ini proses peningkatan Jalan di Kokonao masih dalam tahapan pelelangan.

“Sekarang masih lelang, anggarannya sekitar 1,9 miliar,” kata Sekretaris Dinas PUPR Mimika, Inosensius Yoga Pribadi saat ditemui di hotel Horison Ultima, Senin (31/5/2021).

Bacaan Lainnya

Terkait dengan berapa volume jalan yang akan ditingkatkan Yoga mengatakan tidak mengetahui dengan pasti, pasalnya jalan masih akan ditinjau oleh tim Konsultan. “Kalau tidak salah volume nya sekitar 200 meter, tapi nanti kita lihat hasil peninjauan konsultan dulu untuk pastinya, berapa meter yang akan dikerjakan,” tuturnya.

Yoga menjelaskan peningkatan jalan tersebut merupakan hasil usulan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Distrik Mimika Barat. Awalnya Kepala Distrik (Kadistrik) meminta Jalan itu beton cor (bukan paving block) tetapi tidak bisa mengubah apa yang sudah tertuang dalam dokumen anggaran

“Maka kami sarankan kepada Kadistrik untuk membuat justifikasi (alasan) kenapa minta beton cor?, Kadistrik cuman bilang itu permintaan masyarakat gitu,” jelasnya.

Yoga menambahkan menurut perencanaan awal dari Dinas PUPR Mimika, peningkatan jalan di Kokonao memang hanya menggunakan paving block, mengingat mudahnya pemeliharan. Hingga saat ini Dinas PUPR Mimika masih menunggu dan belum menerima justifikasi dari Distrik Mimika Barat, dan proses lelang juga masih berjalan.

“Paving block ini kan gampang, kalau rusak tinggal beli satu atau dua di Mimika. Meskipun memang kalau air pasang dia (paving block) terhambur, tapi kalau beton itu nanti patah, kalau patah otomatis jalan itu tidak bisa digunakan lagi dan perbaikannya lama,” ujarnya.

Yoga mengakui konstruksi jalan utama yang baik seharusnya menggunakan beton atau aspal tetapi mengingat kondisi geografis Kokonao, hal tersebut sulit diwujudkan. “Memang (soal Jalan di Kokonao) butuh kajian yang mendalam, kemudian untuk jalan itu perlu ada tulang bajanya didalam agar jika pasang tidak mudah patah, anggarannya pun tidak kecil,” tuturnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait