Masuk Tahap II Pembangunan GOR BilIard Ditargetkan Selesai September

  • Whatsapp
Pembangunan Venue Biliar Yang Disiapkan Sebagia Tempat Diselenggarakannya Pertandingan Cabor Biliar di PON XX Tahun 2021. Foto : Yondri

TIMIKA – Tabaos14  | Menghadapi PON XX Papua tahun 2021 mendatang, pembangunan Gedung Olahraga Biliar terus dikerjakan. Proyek pembangunan yang dikerjakan oleh PT. Andhika Surya Eramitra, sudah memasuki Tahap II (dua) dan diperkirakan selesai pada Bulan September2020 mendatang.

Kepala Proyek, Eman Suherman mengatakan bahwa pengerjaan proyek ini ditargetkan selama 180 hari dan terhitung sejak Bulan Juni. Diterangkannya juga, sekitar 80% bahan bangunan yang dibutuhkan dikirim dari Surabaya.

Bacaan Lainnya

“Di tahap kedua ini lingkup pekerjaannya itu di bidang arsitektur, mekanikal elektrikal dan plumbing,” terangnya saat diwawancara Tabaos14 di Lokasi Proyek, belum lama ini.

Eman menjelaskan, pengerjaan ini termasuk memasang pagar, mendekor taman, memasang lantai jalan dan tempat parkir. Menurutnya, hampir semua bahan bangunan yang dibutuhkan didatangkan dari Surabaya, kecuali semen, pasir dan batu batako.

“Tahap pertama kami datangkan bahan-bahan konstruksi baja, kaca yang buat dijadikan atap. Nah karena atap ini pakai kaca, bentangannya luas, tidak umum dijualnya, jadi kami indeen dari Surabaya,” terang Herman.

Sementara Kepala Proyek, Kontraktor Proyek, Yustan Nugroho mengatakan pembangunan Gedung Olahraga ini memang megah dan berstandar Nasional. Setiap bahannya dipilih sesuai dengan model arsitektur dan standar Gedung Olahraga Biliar Nasional.

Bahkan untuk lapisan luar yakni dinding gedung, dikatakan Herman akan dipasangi Aluminium Composite Panel (ACP), yakni material berupa panel datar yang terdiri dari berbagai bahan, seperti bahan non aluminium yang kemudian disatukan di antara dua lembar alumunium.

“Dari kebutuhan arsitektur, ACP belum sampai sini. Itu untuk panel luar gedung,” katanya.

Lanjut Yustan, untuk barang lainnya seperti tata suara, pendingin ruangan, bata ringan, atap dan pagar sudah tiba di Timika. Untuk pagar, digunakan yang Free Case, yakni bukan tipe pagar yang mengharuskan kontruksi beton atau cor.

Untuk pengerjaan tahap kedua ini ditargetkan selesai pada akhir Bulan September. Pengerjaan ini bisa jadi sedikit terlambat kerena situasi PSDD di Timika dan Pandemi COVID -19 yang melanda Surabaya mengakibatkan pengiriman barang sedikit terhambat. (Yonri)

/>