Masih Banyak Kerusakan Akibat Banjir dan Longsor 2021 Lalu di Mimika Belum Tertangani

Tampak talud yang jebol di salah satu wilayah yang belum di bangun kembali yang menyebabkan banjir dan kerusakan rumah warga saat hujan turun.

Timika – Tabaos14 | Akibat bencana banjir dan longsor pada 21 Juli 2021 di Kabupaten Mimika yang dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi dan menyebabkan rusaknya infrastruktur dan perumahan rakyat hingga saat ini belum tertangani oleh pemerintah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mimika Yosias Lossu melalui rilis yang dikirimkan, Selasa (5/7/2022) mengatakan, Pemerintah Kabupaten Mimika melalui BPBD berusaha menyiapkan inventarisasi data kerusakan dan kerugian, kebutuhan yang mana akan diproses lewat pengajuan hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

Adapun wilayah yang berdampak terhadap bencana tersebut adalah yaitu Distrik Iwaka dimana berdampak pada putusnya jalan trans nabire di beberapa STA, Distrik Alama, Distrik Hoya, Distrik Mimika Tengah, Distrik Amar, Distrik Mimika Timur terjadi kerusakan pada sektor perumahan.

Sementara ini, dari hasil koordinasi penanganan pascabencana banjir dan longsor tanggal 21 Juli 2021dengan OPD terkait kabupaten Mimika, PUPR Provinsi Papua, Satpol PP dan PBD Provinsi Papua, Balai wilayah sungai Papua, Balai jalan dan jembatan Papua terkait penanganan tersebut hanya beberapa yang sudah ditangani.

“Yang baru ditangani adalah ruas jalan trans nabire oleh balai jalan dan jembatan Papua, sementara berapa titik lokasi di kabupaten Mimika juga sudah ditangani oleh PUPR kabupaten Mimika,” kata Yosias.

Sedangkan beberapa titik juga yang belum ditangani sampai saat ini adalah Oprit Jembatan Waker di Kelurahan Wanagon Distrik Mimika Baru, Talud Perumahan Pemda SP II jalan Cenderawasih Kelurahan Wanagon Distrik Mimika Baru, Bronjong Sungai jalan Delima SP II Kelurahan Wanagon Distrik Mimika Baru.

Kemudian Bronjong Sungai SP III Kampung Karang Senang Distrik Kuala Kencana, Bronjong Sungai Hasanuddin Kelurahan Pasar Sentral Distrik Mimika Baru, dan Bronjong Sungai Mimika Baru Kelurahan Wanagon Distrik Mimika Baru.

 

Pos terkait