Lurah Kwamki Dan Para RT Tinjau Lokasi ,TPS

TIMIKA – Tabaos14   I    Kepala Kelurahan Kwamki, B. Hence Suebu, SE., M.Si bersama sejumlah ketua RT di lingkungan Kelurahan Kwamki, Senin (20/01) meninjau rencana loaksi Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah di Kelurahannya.

Usia melaksanakan rapat koordinasi terpadu bersama para RT dan Perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika yang diwakili, Melkianus Deleplata. Lurah Hence Suebu tak menunggu lama, langsung menuju lokasi TPS yang direncanakan. Semula ada tiga lokasi yang dipertimbangkan, namun atas pertimbangan para RT maka lokasi terakhirlah yang diputuskan untuk dibangun TPS di wilayah Kelurahan Kwamki itu.

Bacaan Lainnya

Lurah Kwamki dan Rombongan RT dan Dinas Lingkungan Hidup Tinjau Lokasi TPS Kwamki.

Bahkan dalam tinjauannya ke lokasi TPS yang dimaksud, yang pertama memang strategis karena terletak dipinggir jalan. Hanya saja terlampau berdekatan dengan perumahan warga dan salah satu gedung Gereja, sehingga dipertimbangkan untuk dibicarakan lebih lanjut.

Mengenai lokasi kedua yang ada sekitar 500 meter dari loaksi Kantor KPKN Mimika di Jalan Cenderawasih SPII, memang terlihat sangat strategis karena juga berada di pinggir jalan dan tidak terlampau dipadati oleh adanya rumah warga.

“Lokasi inilah yang kelihatannya akan kita pertimbangkan untuk dibangun TPS itu,” ujar Lurah Hence Suebu dibawah teriknya matahari di Kota Timika.

Sepertinya apa yang diperbincangkan Lurah dan para RT di Kelurahan Kwamki Baru akan siap dilakukan, mendukung kesiapan kabupaten Mimika di wilayah kota untuk ikut mensukseskan pelaksanaan Pesparawi, PON XX dan juga Konferensi Gereja Kingmi yang semuanya siap digelar di tahun 2020 ini.

Namun, seperti sebelumnya juga dibicarakan dalam rapat koordinasi di kantor Kelurahan Kwamki, sejumlah RT bahkan Lurah juga merasa penting untuk adanya tambahan bantuan kendaraan sampah. Kelurahan Kwamki, menurut Lurah Hence Suebu memang sudah menerima satu unit. Namun, dari dalam rapat yang diikuti juga Tabaos14.com diketahui, sejumlah oknum RT juga mengeluh,”Bagaimana bisa memadai kalau hanya satu kendaraan sampah,” ucap beberapa RT dalam nada keluh.

Meskipun pagi sebelumnya juga sudah sempat diungkap Kepala Distrik Mimika Baru, Drs Ananias Faot, M.Si bahwa pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup masih akan berupaya agar adanya penambahan unit kendaraan sampah dimaksud. Sepertinya masih akan sulit dipenuhi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, mengingat minimnya anggaran yang tersedia bagi upaya pembersihan sampah dalam Kota Timika.

Meskipun Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mimika, Ir. Limi Mokodompit, M.Si juga pernah mengungkapkan, “Apapun alasannya, Kota Timika harus tetap dapat bersih dari sampah.”

Pos terkait