Luar Biasa Selama Pandemi Perekonomian Papua Meningkat 14 Persen

  • Whatsapp

Timika – Tabaos14| Trend pertumbuhan perekonomian di Papua mengalami kenaikan atau peningkatan selama pandemic Covid-19 ini, khususnya pada kuartal pertama (Januari –April 2021). Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, saat melakukan video conference dengan seluruh Pemerintah daerah beberapa waktu lalu

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan pada saat video conference tersebut, pemerintah pusat menerangkan bahwa dari data pemerintah pusat, dari 34 provinsi di Indonesia. “Hanya 10 provinsi yang pertumbuhan perekonomiannya mengalami peningkatan,” kata Wabup di Hotel Horison Ultima Timika, Rabu (19/5/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Wabup dari 10 provinsi yang mengalami peningkatan perokonomiannya, nomor satu adalah Papua. Dengan angka pertumbuhan ekonominya mencapai 14,28 persen. Sementara untuk urutan kedua yang pertumbuhan perekonomiannya meningkat adalah Maluku Utara. “Ini artinya, daerah atau provinsi lainnya selain 10 provinsi tersebut masih minus di kuartal pertama ini,” tuturnya.

Dengan pencapaian tersebut Wabup mengungkapkan bahwa hal ini menunjukkan ada dua tujuan yang sudah tercapai, yakni bagaimana penanganan pandemi Covid-19 ini turun. Serta bagaimana peningkatan ekonomi di masa pandemi sekarang. “Saya senang karena Papua yang di dalamnya ada Mimika ternyata luar biasa. Dimana penanganan pandemi Covid-19 bisa turun dan pertumbuhan ekonominya naik,” ungkapnya.

Wabup menjelaskan bahwa hal ini bisa tercapai atau terwujud karena penanganan keduanya bisa berjalan dengan baik. Dimana, kita terus memperketat protokol kesehatan, guna melakukan pencegahan penyebaran virus ini.

Disatu sisi, kita juga membuka akses-akses perekonomian yang cukup. Tentunya pembukaan akses ekonomi ini dibarengi dengan kerjasama dan dukungan semua pihak, dalam menjalankan protokol kesehatan. “Sekarang ini, kalau dilihat dari bidang perhotelan tingkat okupansi sudah mulai naik. Ditambah dengan perekonomian tingkat mikro, masyarakat mulai menjalankan usaha seperti biasanya,” jelasnya.

Wabup menambahkan bahwa, walaupun kondisi ini menyenangkan bagi kita semua, tetapi pihaknya berharap bisa bertahan dan terus meningkat. “Satu saja kuncinya untuk mempertahankan kondisi ini, yakni semua orang harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan),” ujarnya.

Reporter : Enol
Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait