Lima Partai Baru Yang Akan Ikut Pemilu 2024 Harus Daftar Lebih Awal

Kepala Badan Kesbangpol Mimika Yan Selamat Purba.

Timika – Tabaos14 | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) minta kepada lima partai baru yang akan ikut dalam percepatan pesta demokrasi 2024 mendatang mestinya mendaftar lebih awal pada Juni mendatang ketimbang partai lain yang nanti pada Agustus mendatang.

Kepala Badan Kesbangpol Mimika Yan Selamat Purba saat ditemui di hotel Grand Tembaga Jumat (6/5/2022) mengatakan, pendaftaran parpol sudah ada jadwal yang dikeluarkan KPU pada Agustus mendatang.

Tapi untuk yang baru harus lebih awal sehingga kelengkapan administrasinya untuk tingkat pusat harus terdaftar untuk semua provinsi, dan di tingkat provinsi harus terdaftar untuk semua Kabupaten sebaliknya Kabupaten harus daftar semua distrik dan Kampung kelurahan.

“ini syarat administrasinya yang wajib diikuti oleh semua partai mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Pendaftaran itu semua tertuju pada KPU. Kesbangpol setidaknya menerima laporan dari KPU,” terang Purba.

Dia menjelaskan partai baru harus mendaftar lebih awal ke KPU kemudian KPU akan menyampaikan hal itu ke Kemendagri. Dari Kemendagri akan menyampaikan hasil pendaftaran partai baru itu ke seluruh Kesbangpol di seluruh Indonesia. Jadi KPU tidak menunggu laporan dari KPU tapi laporan itu otomatis disampaikan Direktorat Kesbangpol Kemendagri ke Kesbangpol Provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Setelah mendaftar apakah parpol baik yang sudah lama maupun yang masih baru harus lapor ke Kesbangpol jelas dia itu tidak perlu karena pihaknya sudah terima informasi itu dari Kemendagri,” jelasnya.

Mengenai partai baru yang akan mendaftar ia mengungkapkan, tidak hafal satu persatu, tapi jumlah partai baru ada 5 partai. Nanti dilihat waktu daftar dan mereka harus daftar lebih awal di KPU jika ada kekurangan mereka harus lengkapi secepatnya.

Maka jika Mereka lalai bisa saja mereka tidak lolos dalam pemilu 2024 mendatang. Kepentingan ini kata dia bagi yang lolos akan ikut dalam pemilu legislatif, pemilu presiden dan wakil presiden, gubernur dan wakil gubernur, bupati wakil bupati, walikota wakil walikota.

” Saya berharap mulai sekarang partai-partai mulai menyiapkan administrasi mulai dari tingkat kabupaten, pengurus anak cabang di Distrik dan pengurus ranting di kampung. Sekarang kerja keras bila perlu semua distrik dan Kampung bisa ada pengurus semua,”ungkapnya.

Pos terkait