Lemasko Pertanyakan Progres Penyelesaian Kasus Penyelewengan Dana di Yuamako

  • Whatsapp

Gregorius Okoare (kanan, biru) bersama perwakilan Suku Kamoro yang menuntut sengketa Yuamako. (Foto: Yondri Revolt)

TIMIKA – Tabaos14     I     Ketua Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro (Lemasko), Gregorius Okoare mempertanyakan perkembangan kasus dugaan penyelewengan uang masyarakat Kamoro di Yayasan Yuamako, yang saat ini sedang ditangani oleh Polres Mimika.

Bacaan Lainnya

Penyelewengan dana senilai lebih dari Rp4 Miliar tersebut, dinilainya tak pernah ada kabar terbarunya seperti diungkap Gregorius Okuware, Selasa (26/5) dalam pertemuan Pers di Kantor Timika Indah II.

Pihaknya meminta agar kasus tersebut harus diperjelas dalam waktu dekat. Menyusul, sejak pelaporan yang dilayangkan pihaknya beberapa bulan lalu, hingga kini, menurutnya pelakunya belum ditangkap. Padahal, ia menilai bukti yang ada telah kuat.

“Di situ jelas ada penyelewengan dana sebesar lebih dari empat miliar enam ratus juta yang diselewengkan oleh oknum ketua Yayasan yakni ‘SU’ beserta staffnya dari bendahara hingga staf pendiri dan pembina” ujarnya.

“Saya hanya meminta penegasan dari Kapolres, karena laporan dari masyarakat sudah masuk. Sekarang kami minta ketua yayasannya segera dipanggil dengan bendaharanya. Supaya kasus ini tidak didiamkan,” sambungnya.

Ia menilai, kabar mengenai hal ini timbul tenggelam sejak dilaporkan. “Saya hanya minta ada penegasan dalam hal ini ketua yayasan Yuamako ini ditahan dan dipidanakan. Kasus ini jangan didiamkan,” tekannya.

Konfirmasi pihak Polres sendiri terkait pelaporan kasus dimaksud dan proses penyelidikannya, sejauh ini belum diperoleh keterangan resmi Polres Mimika.(Yondri)

  • Whatsapp

Pos terkait