Lapas Kelas II B Timika Masih Menutup Pelayanan Besukan Kepada Binaan

  • Whatsapp

TIMIKA – Tabaos14  |  Hingga saat ini Lapas Kelas II B Timika belum menerima pelayanan baik tahanan yang mau dilimpahkan maupun besukan dari keluarga binaan yang ada di Lapas.

‘ Kalau pelayanan kita mulai tanggal 23 Maret di tiadakan untuk kunjungan keluarga dan penitipan barang sampai saat ini,” kata Kalapas Kelas II B Timika Dolok Saribu, ketika ditemui Sabtu (6/6).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, pihak lapas masih menunggu Instruksi serta kebijakan dari Pimpinan tertinggi.

” Nanti kalau ada peruabahan kita mendengar dari pimpinan tertinggi yaitu pak Menteri kalau kira-kira sudah di okekan pak Mentri kita buka untuk kunjungan atau penitipan barang itu,” katanya.

Ketika disinggung soal kesehatan bagi binaan maupun wilayah Lapas, Dolok mengaku telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika. Selain itu setiap binaann dihimbau untuk menjaga kondisi kesehatan mereka meskipun layanan tidak semaksimal di Rumah Sakit.

” Kalau prosedur khusus ke warga binaan itu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Mimika antara lain penyempotan 2 kali, kami sendiri juga sudah melakukan 2 kali jadi selama masa covid sudah melakukan 4 kali,” katanya.

Terkait hak para binaan kata dia, Remisi telah diatur dengan Keputusan Menteri No.10 Tahun 2014. Sehingga binaan yang telah dianggap bisa mendapatkan Asimilasi langaung diajukan untuk disetujui. Sampai saat sejak pandemi COVID – 19 mewabah sudah 51 binaan yang mendapatkan asimilasi.

” Kemarin tanggal 5 Juni 2020 kita bebaskan 5 orang jadi berjumlah 51orang. Pasti ada yang mendapatkan Remisi sampai tanggal 31 Desember 2020 tapi belum saya cek namun kalau Registrasi pasti bekerja setiap harinya. Pasti ada remisi,” ujarnya. ( Tahir)

  • Whatsapp

Pos terkait