KPK: Banyak Nepotisme dalam Pengangkatan Pegawai di Papua

Kepala Satuan Tugas Koordinasi Supervisi dan Pencegahan Wilayah V KPK RI, Dian Patria.

Timika – Tabaos14 | Kepala Satuan Tugas Koordinasi Supervisi dan Pencegahan Wilayah V KPK RI, Dian Patria menduga bahwa di Papua termasuk Mimika kerap terjadi nepotisme dalam pengangkatan pegawai pemerintahan.

“Kalau soal jual beli jabatan, saya belum melakukan pendalaman yah, tetapi saya menduga di Papua ini termasuk Timika lebih banyak masalah jabatan ini soal nepostisme. Jadi pegawai diangkat bukan karena kedekatan, bukan karena kompetisi,” katanya di Hotel Grand Mozza, Kamis (4/8/2022).

Menurut Dian hal ini tentunya menjadi tantangan bersama untuk bagaimana sistem pengangkatan kepegawaian pemerintahan bisa dibenahi kembali ke depannya.

“Beberapa contoh yang terjadi di beberapa wilayah di Papua, seperti gelar pendidikan tidak sesuai dengan jabatan yang diemban dai itu harus segera diperbaiki,” tuturnya.

Di samping itu, Dian juga mengungkapkan banyak data-data fiktif terkait kepegawaian di lingkup Pemerintahan. Beberapa kali pihakny

“Itu tantangan untuk kita yang harus diperbaiki dan dipahami. Kalau tidak paham gimana mau diperbaiki, apalagi kompetensinya tidak ada, contohnya pejabat Kepala Dinas Pertanian tapi dia sarjana agama kan sulit,” ungkapnya.

Pos terkait