Klasis GKI Mimika Segera Keluarkan Himbauan Pencegahan Corona

Bendahara Badan Pekerja Klasis GKI Mimika, Sym. Ronny Paliling dalam Kegiatan Penyuluhan Penyakit Menular di Jemaat GKI El-roy Wonosari Jaya SP4, Sabtu (14/03). (Foto/Video: Sam Nussy)

TIMIKA – Tabaos14   I    Menyikapi saran himbauan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Mimika dan Persekutuan Pelayanan Kristen untuk Kesehatan di Indonesia (Pelkesi) Wilayah V yang disampaikan langaung Ketuanya Dr. Leonard Pardede, S.POG Konsultan maka Gereja Kristen Injili (GKI) Di Tanah Papua Klasis Mimika akan segera mengeluarkan Rekomendasi Upaya Pencegahan Virus Covid19 atau Corona kepada gereja-gereja GKI di lingkungan Klasis Mimika, Senin (16/03) 2020.

“Kalau tadi pagi dikatakan Bendahara Klasis GKI Mimika, mungkin warga Jemaat akan cukup ragu-ragu dan bertanya-tanya. Tapi ini Dokter langsung yang mengatakannya, bahkan langsung oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia di Kabupaten ini,” tekan Ronny Paliling pada kegiatan Penyuluhan Penyakit Menular olah Komisi Diakonia (Pelayanan) GKI Klasis Mimika di Jemaat GKI El-roy Wonosari Jaya SP4, Distrik Wania di Kabupaten Mimika, Sabtu (14/03).

Karenanya, kata Ronny Paliling, Klasis GKI Mimika akan segera membuat rekomendasi himbauan untuk diumumkan kepada semua Jemaat di lingkungan Klasis Mimika ini. Diharapkan warga Jemaat yang hadir dalam penyuluhan penyakit menular ini, selanjutnya dapat menjadi duta pelayan untuk menjelaskan hal-hal penting terkait pencegahan Virus Corona ini.

“Sampaikan ini untuk beberapa waktu saja ke depan dan bukan untuk menghilangkan budaya yang sudah sangat melekat ini,” pesan Sym. Ronny Paliling kepada lima puluhan lebih warga yang hadir.

Hal itu juga sebelumnya sudah menjadi pertanyaan Sym. Ronny Paliling saat sessi diskusi usai materi soal Virus Covid19 atau Corona ini. Dikatakan Paliling sebelumnya, apakah Virus Corona ini sudah ada informasinya di Mimika ini, khususnya soal kesiapan fasilitas pendukung yang dibutuhkan jika sampai ada yang tertular. Bahkan, bagaimana pula penyebarannya bisa terjadi dan juga bagaimana upaya pencegahan yang harus dilakukan.

Bagi Paliling, soal Virus Corona yang sudah sampai membuat warga di Tanah Jawa terpapar dan sudah heboh ini, harusnya bisa menjadi perhatian juga oleh pemerintah daerah Mimika ini.

Bahkan setelah dijelaskan salah satu dokter pemerintah di Kabupaten Mimika yang hadir selaku narasumber soal Corona, Paliling juga bahkan masih menilai kalau pihak Pemda Mimika melalui RSUD seperti belum memiliki kesiapan yang membuat agar masyarakat ini tidak kuatir dan was-was ketika mendengar atau menyaksikan berbagai informasi Virus Corona ini si berbagai media.

“Karena itu kami juga secara kelembagaan akan menyampaikan kepada pemerintah Mimika agar soal ini berkenan menjadi perhatian serius bersama, ” ujarnya dihadapan peseta Penyuluhan Penyakit Menular di GKi El-roy Wonosari Jaya SP4 Timika.(Sam)

 

 

Pos terkait