Kisruh PAW Mendapat Tanggapan Sejumlah Anggota Dewan

  • Whatsapp
sejumlah anggota dewan saat menyampaikan terkait proses PAW

Timika – Tabaos14 | Sejumlah anggota DPRD Mimika mempertanyakan proses Pergatian Antar Waktu (PAW) dua anggota DPRD Mimika yang hingga kini belum bisa dilaksanakan karena menunggu surat rekomendasi dari dewan sebagai pengantar ke KPU Mimika.

Salah satunya Ketua Fraksi Golkar DPRD Mimika Mariunus Tandiseno. Menurut Mariunus, seharusnya proses PAW tidak menunggu waktu selama ini jika seluruh dokumen yang diminta oleh KPU telah dilengkapi baik dari partai maupun DPRD.

Bacaan Lainnya

“PAW dulu, kasih cukup 7 kursi dulu baru kita bisa dorong untuk pimpinan DPRD,” kata Mariunus dikantor DPRD Mimika, Jumat (30/7/21).

Tentang menjadi pertanyaan kendalanya dimana sehingga proses PAW hingga saat imi belum bosa dilaksanakan.

“Saya selaku ketua Fraksi, saya juga heran, kenapa sampai sekarang belum ada, sedangkan didaerah lain itu hanya rentang beberapa waktu saja mereka sudah PAW. Disini ada apa?,” ungkapnya.

Mariunus menjelaskan, sejauh ini ia tidak mengetahui tingkat koordinasi sekertaris Golkar dengan Wakil Ketua I terkait PAW tersebut.

“Sekertaris Golkar sudah koordinasi dengan beliau (Waket I) tapi saya tidak tahu bagaimana, makanya mereka juga harus kasih tahu saya sejauh mana, buat apa saya selaku ketua Fraksi kalau orang tanya saja, saya mau jawab apa?,” jelasnya.

Sementara itu, Anton Bukaleng, Anggota DPRD Fraksi Golkar mengatakan, pimpinan dewan sudah menerima surat dari Partai Golkar, namun surat yang diterima ada kejanggalan.

“Saya langsung panggil dia (Waket I) di depan Bupati kita duduk dan lihat ternyata sudah itu asli (tidak palsu) dan diminta untuk tandatangan tapi sampai sekarang juga surat itu belum ditandatangan,” kata Anton.

Sehari sebelumnya, Wakil Ketua II DPRD Mimika Yohanes Felix Helyanan mengatakan, surat rekomendasi dari partai Golkar sudah ada di meja pimpinan, dalam hal ini Wakil Ketua I DPRD Mimika, tinggal di porses sebagai pengantar ke KPU Kabupaten Mimika untuk diproses.

“Kalau terakhir saya dengar itu mereka minta rekomendasi ke dewan untuk sebagai pengantar ke KPU untuk proses PAW dan surat pengantar itu sudah ada dimeja pimpinan (Wakil Ketua I) dan akan segera menindaklanjuti,” kata John Tie di Hotel Grand Tembak, Kamis (29/7/21).

John Tie menjelaskan, pimpinan dewan telah berupapaya agar proses PAW anggota DPRD Mimika secepatnya dilakukan, karena ada beberapa agenda dewan yang mengharuskan adanya pimpinan DPRD.

“Kita juga berharap kerjasama itu yang diharapkan, saya tidak mau kalau ada anggapan bahwa unsur pimpinan yang menggambat proses ini,” jelasnya.

Ia berharap, Wakil Ketua I bisa segera mendorong hal tersebut sehingga proses PAW bisa secepatnya dilakukan.

“Saya yakin pak Wakil I sudah mendorong itu supaya cepat terlaksana. Kita menunggu saja mudah-mudahan KPU sudah bisa proses itu,” harapnya.

Sementara itu, menanggapi proses PAW, Wakil Ketua I DPRD Mimika, dirinya telah menyampaikan kepada Sekwan untuk segera memprosesnya kemudian dikirim ke KPU Kabupaten Mimika.

“Saya sudah perintahkan kepada Sekwan, tapi dia tidak terjemahkan itu dengan baik,” kata Aleks.

Pos terkait