Ketum KONI : Tak Hanya Yang Pertama, PON XX Di Papua Jadi Momen Indonesia Bangkit Dari Covid – 19

  • Whatsapp

Jayapura – Tabaos14| Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI (Purn.) Marciano Norman membuka Sponsor Gathering Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua. Multi Event yang akan mempertemukan seluruh kontingen provinsi di Indonesia tersebut digelar pada tanggal 2 – 15 Oktober mendatang.

Tak hanya menjadi yang pertama di Tanah Papua yang potensial, namun PON tahun ini akan menjadi momentum Bangsa Indonesia bangkit dari Covid-19. Atlet yang berolahraga dan bertanding dengan penerapan protokol kesehatan ketat dapat memotivasi masyarakat luas bahwa Bangsa Indonesia dapat tetap produktif meski pandemi Covid-19 belum usai.

Bacaan Lainnya

Strategisnya peran PON Tahun ini perlu didukung banyak pihak. Sebelum membuka secara resmi Sponsor Gathering, Ketua Umum KONI Pusat mengajak seluruh masyarakat mendukung PON XX 2021 di Papua.

“Mari kita bersama dukung Gubernur Papua sekaligus Ketua PB.PON XX untuk Papua bisa sukses berjalan,” katanya di Hotel Mulia pada tanggal 29 April 2021 malam.

Marciano tegaskan bahwa kondisi di Papua akan baik. “Situasi yang berkembang sekarang, Insya Allah dapat dikendalikan sebaik-baiknya,” jelas Mantan Kepala BIN.

Di sisi lain, program vaksinasi yang diarahkan presiden sudah dilakukan dengan baik oleh kontingen yang akan ke Papua. “Seluruh peserta dari provinsi-provinsi hampir semuanya sudah divaksinasi,” jelasnya.

Masyarakat Papua juga sudah banyak yang mendapatkan vaksinasi. “Ini mendukung kebijakan presiden yang memerintahkan seluruh masyarakat Papua harus divaksin,” tambahnya.

Terkait tranportasi, KONI Pusat telah menjalin kerja sama dengan Garuda Indonesia untuk mendapatkan dukungan. “Mereka (Garuda & Citilink) berusaha siapkan direct flight ke Papua, sehingga atlet tidak menunggu transit lama” katanya.

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko yang hadir menyambut baik kegiatan Sponsor Gathering. Moeldoko mengajak seluruh elemen bangsa turut sukseskan PON XX Papua. “Papua memiliki potensi yang besar,” katanya.

Moeldoko juga sampaikan bahwa Presiden Joko Widodo memberikan atensi besar pada Papua. Tak tanggung sudah ada 3 Inpres yang dikeluarkan untuk PON XX dan KSP sudah utus 3 tim untuk melakukan pengecekan di Papua. “Sejak PON Tahun 1948, belum ada PON yang mendapatkan perhatian seperti PON Papua yang akan datang,” kata Moeldoko.

Selain itu, dukungan pada beberapa venue PON XX menjadi bukti Papua adalah prioritas Pemerintah Indonesia. “Bukti komitmen pembangunan Indonesia sentris dimana tanah Papua menjadi prioritasnya,” katanya mengapresiasi pembangunan venue.

Editor : Tahir

  • Whatsapp

Pos terkait