Kesbangpol : 70 Persen Alamat Sekretariat Parpol di Mimika Tidak Sesuai

Kepala Badan Kesbangpol Mimika, Yan Selamat Purba.

Timika – Tabaos14 | Kepala Badan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Mimika, Yan Selamat Purba mengungkapkan bahwa 70 persen alamat kantor sekretariat Partai Politik (Parpol) di Mimika tidak sesuai dengan data yang terdaftar di Kesbangpol.

“Menurut rilis dua bulan yang lalu, hampir sebagian besar atau sekitar 70 persen lebih sekretariat Parpol di Mimika yang tidak sesuai dengan alamat yang terdata di kami,” ungkap Yan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (1/8/2022).

Menurut Yan hal ini tentunya dapat menghambat jalannya Pemilu. Sebab, ini merupakan salah satu syarat untuk bisa mengikuti Pemilu.

Yan menjelaskan bahwa persoalan ini kerap kali terjadi akibat sekretariat Parpol sering berpindah-pindah lokasi.

“Kantor sekretariat parpol ini kan banyak yang masih sewa tempat. Jadi ketika mereka pindah, otomatis alamatnya sudah berbeda. Seharusnya waktu pindah mereka melaporkan kepada kami pindahnya kemana,” ucapnya.

“Makanya sekarang kami juga melibatkan para Kepala Distrik untuk ikut melakukan verifikasi data alamat-alamat sekretariat Parpol yang ada di Mimika,” imbuhnya.

Selain sekretariat, Yan juga meminta agar dilakukan verifikasi anggota Parpol. Hal ini untuk mencegah adanya anggota Parpol yang juga berada di Parpol lain.

“Saya sudah sampaikan kepada kepala Komisi Pemilihan Umum Mimika agar jangan sampai anggota partai yang di sini juga ada di (partai) sebelah,” pungkasnya.

Pos terkait