Kesadaran Masyarakat Mimika Tertib Membuang Sampah Sangat Rendah

Tampak tumpukan sampah yang dibuang warga sembarangan di salah satu ruas jalan di Kota Timika, Selasa (11/02).

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA -Tabaos14     I     Kesadaran masyarakat Mimika untuk tertib menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya masih sangat rendah.

Hal ini dapat kita lihat langsung di dalam Kota Timika. Meskipun Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Mimika sendiri sudah menyiapkan tempat-tempat penampungan sementara (TPS), untuk tempat masyarakat membuang sampah. Namun karena rendahnya kesadaran, sehingga masih dapat banyak dilihat masyarakat memilih membuang sampah sembarangan di dalam Kota Timika.

Politisi Partai Gerindra anggota DPRD Kabupaten Mimika, Drs Tanzil Ashari kepada wartawan, Selasa (11/02) mengatakan, rendahnya kesadaran masyarakat Mimika dalam menjaga kebersihan Kota Timika disebabkan rendahnya rasa memiliki Kota Timika oleh masyarakat sendiri. Sehingga kesadaran untuk menjaga kebersihan juga terlihat sangat rendah.

Tanzil mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan TPS untuk masyarakat agar teratur dan tertib membuang sampah. Namun pada kenyataannya, di depan ruko ruko milik masyarakat masih terdapat tumpukan-tumpukan sampah. Bahkan, ada masyarakat yang membuang sampah diatas trotoar lagi.

“Kesadaran masyarakat ini minim. Rendahnya rasa memiliki tanah ini sangat kelihatan,” kata Tanzil.

Tanzil mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Mimika untuk bersama-sama menjaga kebersihan di Kota Timika, dengan tertib membuang sampah pada tempatnya.

Dirinya juga meminta pemerintah daerah untuk menindak tegas, khususnya masyarakat yang membuang sampah sembarang didalam Kota Timika agar bisa memberikan efek jera kepada yang lain.(**/samone)

Pos terkait