Kerugian Korban Pencurian Spesialis di Dalam Jok Motor Hingga Ratusan Juta, Ini Imbauan Kapolres Mimika

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra.

Timika – Tabaos14 | Kerugian para korban pencurian spesialis di dalam jok motor dan di dalam mobil ada yang mengalami kerugian hingga ratusan juta. Hal tersebut dari beberapa laporan polisi yang sudah masuk di Polres Mimika terkait kejahatan pidana tersebut.

Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra mengatakan ada aduan dan laporan polisi ada empat. Sedangkan tingkat kerugian ada korban
yang mengalami kerugian nominalnya 155 juta dan ada korban yang mengalami kerugian 53 juta.

“Para pelaku sudah beraksi tujuh kali untuk laporan yang masuk yaitu satu pengaduan dan tiga laporan Polisi,” kata Kapolres.

Kapolres mengungkapkan, ada beberapa korban yang dibobol ATM nya, dimana pada saat mengambil barang di dalam jok tersebut ada dompet yang isinya ATM dan surat-surat lainnya. Kemudian ATM tersebut di kuras isinya.

“Pembobolan ATM tersebut pelaku dengan sistem yaitu mencoba-coba PIN tanggal lahir dari KTP korban yang juga ada di dompet tersebut,”ungkapnya.

Dari kasus tersebut Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan hati-hati pada saat membawa barang berharga. Selain itu juga jika setelah mengambil uang di ATM atau Bank tidak mampir-mapir.

“Jadi pelaku ini beraksi pada saat korban lengah biasanya sudah diintai pelaku di ATM atau Bank, kemudian korban singgah nah itulah yang dimanfaatkan tersangka untuk melancarkan aksinya.Jadi kami imbau jangan mampir-mampir langsung ketempat tujuan,” tuturnya.

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat jika melakukan pengambilan uang dalam jumlah besar di Bank untuk menginformasikan kepada Kepolisian agar dilakukan pendampingan.

“Kami tidak minta imbalan dan ini dilakukan untuk mengamankan kegiatan masyarakat sehingga masyarakat terhindar dari kejahatan,” ujarnya.

Pos terkait