Kerja 20 Hari Relawan PON Akan Terima Honor 6 Juta Di Potong Pajak

  • Whatsapp
Koordinator Bidang SDM PB PON XX 2021 Sub Mimika, Agus Hugo Krey bersama kepala DLH Mimika Syahrial saat konferensi pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Mimika, Selasa (12/10/2021)/Foto : Istimewa
Koordinator Bidang SDM PB PON XX 2021 Sub Mimika, Agus Hugo Krey bersama kepala DLH Mimika Syahrial saat konferensi pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Mimika, Selasa (12/10/2021)/Foto : Istimewa

Timika – Tabaos14 | PB PON SUB Mimika menerjunkan sebanyak 3.900 relawan pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Kabupaten Mimika, 2 hingga 15 Oktober 2021.

“Kami diberikan kewenangan untuk merekrut 3.900 relawan. Telah direkrut dan telah digunakan sejak 23 Oktober sampai dengan akhir PON ini. Dari 3.900 tersebut, telah kami distribusikan ke masing- masing bidang,” kata Koordinator Bidang SDM PB PON XX 2021 Sub Mimika, Agus Hugo Krey dalam konferensi pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Mimika, Selasa (12/10/2021).

Bacaan Lainnya

Para relawan tersebut ditugaskan pada 16 bidang, mulai bidang pertandingan sampai dengan bidang sosial budaya. Termasuk relawan yang ditempatkan disetiap arena pertandingan cabang olahraga pada PON XX Papua di Mimika.

Bidang tersebut antara lain, bidang pertandingan, peralatan, arena dan upacara. Ini merupakan bidang yang berkaitan erat dengan penyelenggaraan PON. Tetapi masih ada bidang pendukung lainnya.

“Pendukung ini pun telah kami distribusikan sejumlah relawan sesuai dengan kebutuhan,” ujar Agus Hugo Krey.

Untuk bidang profesi yakni kesehatan. pihaknya memberikan kewenangan dinas kesehatan untuk merekrut relawan kesehatan. Termasuk dinas lingkungan hidup yang langsung menangani bidang optimalisasi dampak lingkungan.

Kemudian bidang keamanan, yang sepenuhnya diserahkan kepada aparat keamanan baik TNI
maupun Polri untuk mengakomodir personel keamanan yang dibutuhkan pada penyelenggaraan PON Papua.

Para relawan di lapangan telah dibekali dengan atribut dan id card. Relawan bekerja sesuai
dengan Perketum yang telah diatur, bahwa seorang relawan dalam iven PON ini berhak bekerja selama 8 jam, dan maksimal selama 20 hari. Jika lebih dari 8 jam, maka harus dilakukan sistem sif dalam pekerjaan tersebut. Berkaitan dengan jumlah honor para relawan, sejauh ini masih Rp300 ribu perhari. Agus mengaku baru mendengar adanya isu terkait pemotongan honor relawan. Namun ia memastikan jumlahnya masih Rp300 ribu perhari.

“Saya juga pada saat ini baru mendengar kalau ada isu yang beredar bahwa honor tersebut
Rp150 ribu, karena sampai dengan tadi pagi baru saya konfirmasi, karena saya juga tahu sebelum akhir PON ini saya sudah harus menanyakan tentang honorarium dari pada para relawan. Sampai tadi pagi itu masih disampaikan bahwa itu tetap Rp300 ribu, dengan batas maksimum selama 20 hari kerja. Jadi kalau yang Rp150 ribu belum ada update konfirmasi tentang honorarium tersebut,” terang Agus Hugo Krey.

Namun, ia mengakui telah melakukan pertemuan dengan pihak pendamping tim anggaran dan pajak pratama. Tapi hal ini lebih berkaitan dengan pemotongan pajak, karena adanya akumulasi honor jika bekerja selama 20 hari maka relawan akan mendapatkan honor sebesar Rp 6 juta Itu lebih dari Rp 4,5 juta, maka akan dikenakan pajak. Tetapi itu pun berkisar antara 5 sampai dengan 6 persen, sesuai dengan PPH 21 tentang pajak pendapatan. Namun hal ini pun belum dapat dipastikan.

Agus menjelaskan, mekanisme pembayaran honor para relawan adalah melalui rekening.
Pihaknya telah membuka rekening bank secara kolektif per bidang. Honor akan dibayarkan
melalui rekening bank tersebut.

“Ada beberapa bank yang telah kami hubungi dan telah bersedia untuk membuka rekening
secara kolektif. Disini ada tiga bank yaitu bank BNI, Bank Papua dan BRI. Sementara ada
dalam proses penyiapan rekening, dan itu akan kami laporkan,” jelasnya.

Ia memastikan telah mengakomodir dan memberikan apa yang menjadi hak para relawan. Kewajiban mereka pun telah dilaksanakan dengan baik.

“Mudah- mudahan ini semua boleh terlaksana dengan baik sampai dengan pada berakhirnya
PON nanti di 15 Oktober,”ungkapnya

Menurut Agus, para relawan telah melaksanakan tugas sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam pelaksanaan iven PON.

“Dari hasil yang kami dapatkan di lapangan, ini semua sangat membantu pelaksanaan PON ini, sehingga semua bisa terselenggara dan berjalan dengan baik,”ujarnya.

Penulis: Enol
Editor: Boy
  • Whatsapp

Pos terkait