Kepengurusan Lemasko Resmi Terdaftar di Kemenkumham

Para pengurus Lemasko berfoto bersama usai menggelar rapat internal di hotel Horison Diana, Kamis (9/6/2022).

Timika – Tabaos14 | Lembaga musyawarah adat suku kamoro (Lemasko) menyatakan bahwa lembaga adat bersama kepengurusannya tersebut sudah terdaftar di Kementrian hukum dan hak asasi manusia (Kemenkumham). Sehingga tidak ada pihak-pihak lain yang bisa mengklaim atau mengaku sebagai Lemasko maupun pengurusnya.

“Kami sah sudah terdaftar oleh negara, kalau ada yang bikin Lemasko lain itu dianggap tidak sah dan gugur demi hukum. Itu aktenya sudah ada jadi tidak bisa orang mau mengaku-ngaku ,” kata Ketua Lemasko Gergorius Okoare usai rapat internal bersama pengurus Lemasko di hotel Horison Diana, Kamis (9/6/2022).

Menurut Gery panggilan akrab Gergorius Okoare Lemasko melakukan pembuatan Akta Notaris dengan menunjuk pengacara yaitu Santi Kaban, Eus Berkasa dan Albert Bolang.

“Proses ini berjalan kita ikuti selama satu tahun baru kita dapat ijin resmi dan bisa di buktikan melalui pengacara kami,”tutur Gery.

Gery menegaskan jika ada pihak-pihak yang mengaku Lemasko pihaknya akan mengambil langkah hukum sesuai aturan yang berlaku.

“Jika ada yang klaim-klaim kami akan laporkan ke Polisi dan menangkap oknum-oknum tersebut karena mengadu domba masyarakat,” tegasnya.

Gery meminta kepada aparat keamanan menindak tegas oknum-oknum yang mengatasnamakan Lemasko yang akan menggelar Musyawarah luar biasa (Muslub). Hal yang akan menyebabkan bentrok antar warga dan akan mengganggu Kamtibmas.

“Kita harus antisipasi dari sekarang agar tidak terjadi bentrok antar masyarakat nantinya. Kalau nanti terjadi bentrok siapa yang akan bertanggung jawab terutama, mereka pasti nanti menghilang,”ujar Gery.

Sementara Wakil Ketua I Lemasko Dominikus Mitoro menambahkan jika ada yang melakukan pembentukan Lemasko lain dan akan melakukan Musyawarah luar biasa (Muslub) itu tidak benar karena tidak memilik dasar hukum.

“Lemasko yang dipimpin oleh Pak Gery ini yang sah ya, karena diakui oleh negara. Kita sudah punya Akta Notaris dari Kemenkumham,” tegas Mitoro.

Menurut Mitoro semua pengurus maupun badan pendiri Lemasko pimpinan Gergorius Okoare tercantum dalam Akta Notaris tersebut. Sehingga pihaknya akan menyusun AD ART dan kode etik lembaga.

“Silahkan mereka membentuk lembaga lain ini negara demokrasi, tetapi Lemasko hanya satu dan terdaftar di Kemenkumham,” ujarnya.

Pos terkait