Kenaikan Gaji Petugas Kebersihan Sulit Terealisasi

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., M.H

 

TIMIKA – Tabaos14   I   Menanggapi aksi demo petugas kebersihan yang menuntut kenaikan upah (Gaji Pokok), Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, kecil kemungkinan bisa terealisasi secepatnya.

Alasannya, karena status para pekerja hanyalah Petugas Harian Lepas (PHL) dan tidak bisa sembarangan upah dinaikan sesuai besaran Upah Miminum Kabupaten (UMK).

“Mau tuntut kami juga percuma karena status mereka hanya PHL, apa yang membuat mereka bisa demo. Itukan yang akan kita bahas dalam intern kita dan saya,” kata Bupati Eltinus  Omaleng di Kantor Pusat Pemerintahan, Selasa (18/02).

Menurut Bupati Eitinus, soal kenaikan anggaran tidak bisa sembarangan dan harus lihat dari kebutuhan dulu. Jadi, jika pengelolaan itu sampah diserahkan ke pihak ke tiga, baru bisa di bayar sesuai dengan UMR, seperti yang diminta.

“Kalau memang sudah kita di pihak ketiga, ada kontraktor yang tangani, barulah wajib membayar upah mereka sesuai UMK, “ ujarnya.

Melihat permasalahan tersebut, Bupati Eltinus Omaleng berencana ke depannya akan menunjuk pihak ketiga dalam mengurusi masalah sampah ini. Menurutnya, selain kota menjadi bersih, pihaknya tidak dipusingkan dengan para petugas kebersihan. Terutama juga untuk pengupahannya.

“Harusnya ditangani pihak ketiga, mungkin ke depan kita akan serahkan ke pihak ketiga saja agar kota ini bisa tetap bersih,” ujarnya. (*#/samone)

Pos terkait