Kejari Mimika Sudah Terima SPDP Dua WNA Tersangka Kasus Narkoba

Kasi Pidum Kejari Mimika, Febiana Wilma Sorbu.

Timika – Tabaos14 | Proses lanjut perkara kasus narkoba jenis Sabu yang melibatkan dua warga negara asing (WNA) Kejaksaan Negeri Mimika sudah menerima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari penyidik, namun untuk proses hasil asesmennya belum diketahui.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Mimika, Febiana Wilma Sorbu saat ditemui di Kantor Kejaksaan Negeri Mimika, Rabu (27/7/2022) mengatakan, dalam menangani perkara yang melibatkan WNA itu berbicara mengenai hubungan bilateral. Selain itu juga harus melihat aturan, dalam hal ini aturan negaranya (WNA) seperti apa dengan aturan di negara Indonesia seperti apa.

“Memang betul kita menjalankan diaturan negara kita, tapikan mereka punya hak-hak juga yang harus dilindungi, terus kita juga akan pasti bersinggungan dengan mereka punya duta besar,”kata Febiana.

Menurutnya, karena hal ini pernah dialaminya ketika menangani perkara warga negara Polandia di Wamena pihaknya harus bersinggungan dengan duta besar yaitu untuk melakukan komunikasi intens.

Febiana menambahkan, proses hukum terhadap dua warga negara asing (WNA) asal Australia yang terlibat kasus narkoba tetap mengikuti mekanisme yang ada di negara Indonesia, namun akan dikoordinasikan dengan pihak kedutaan.

“Jadi banyak hal yang harus dipikirkan ketika kita mau sidangkan WNA disini. Kalau itu mereka serahkan ke kita dan saya akan bikin pertimbangan hukum terkait itu, baru saya bisa tandatangan tapi ada catatan,”ungkapnya.

Untuk diketahui dua karyawan warga negara asing (WNA) asal Australia berinisial DK dan JPB ditangkap petugas Kepolisian Resor Mimika di area kerja PT Freeport Indonesia (PTFI), Distrik Tembagapura, pada Rabu, 29 Juni lalu.

Selain penangkapan dua WNA tersebut,dari hasil pengembangan petugas kembali menangkap dua orang warga Timika lainnya berinisial OP warga jalan Ahmad Yani dan PT alias Texas, warga jalan P. Magal, Kwamki Baru.

Pos terkait