Kasus Terus Meningkat Polres Mimika Beri Perhatian Serius Terhadap Pencabulan Anak, Satu Semester Tangani 50 Kasus

Kasat Reskrim Polres Mimika Iptu Bertu Hardyka Eka Anwar.

Timika – Tabaos14 | Kasus pencabulan anak di Kabupaten Mimika terus meningkat hingga saat ini, menghadapi meningkatnya kasus tersebut Polres Mimika berikan perhatian serius. Hal untuk memberikan efek jera kepada pelaku.

“Terkait dengan kasus pencabulan atau pemerkosaan anak dibawah umur menjadi atensi kita Satreskrim Polres Mimika,”kata Kasat Reskrim Polres Mimika Iptu Bertu Hardyka Eka Anwar, Selasa (31/5/2022).

Menurut Kasat Reskrim kasus yang berhubungan dengan anak dibawah umur yang ditangani Polres Mimika periode Januari hingga Mei sudah lebih dari 50 kasus. 10 kasus yang diproses lanjut, kini berkasnya telah dilimpahkan ke pihak kejaksaan untuk proses persidangan, sedangkan lainnya sudah mendapatkan kepastian hukum.

“Tapi 40 kasus itu diselesaikan secara mediasi atau restorative justice karena rata-rata pelaku merupakan kerabat dekat dan tidak mau menjadi aib,”ungkapnya.

Kasat Reskrim mengungkapkan pihaknya sangat menyayangkan kasus-kasus tersebut pelakunya keluarga. Pasalnya keluarga merupakan tempat berlindung bagi anak-anak.

“Kebanyakan pelakunya keluarga yang seharusnya menjadi pelindung bukan malah menghancurkan masa depan anak-anak,” ungkapnya.

Kasat Reskrim mengimbau kepada para orang tua untuk menjaga anak-anak gadisnya secara ketat. Pasalnya banyak predator anak yang mengintai.

“Kami imbau agar para orang tua perhatikan anaknya jangan sampai lengah,” ujarnya.

 

Pos terkait