Kasat Lantas Ajak Pakai Helm Untuk Keselamatan Bukan Takut Polisi

  • Whatsapp

Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Viky Pandu Widhapermana.

 

Bacaan Lainnya

TIMIKA – Tabaos14     I      Kasat Lantas Polres Mimika, AKP Viky Pandu Widhapermana mengakui, sejauh ini masih banyak pengendara yang menggunakan helm bukan karena kepatuhannya terhadap aturan berlalulintas tapi karena takut ditilang pihak kepolisian saat melakukan razia di jalan raya.

“Kebanyakan orang pakai helm itu karena takut sama Polisi. Kadang bawa helm ditaru di jok motor atau disimpan di tengah-tengah, nanti ada polisi baru diambil lalu dipakai. Setelah lewat dan tidak ada polisi dibuka lagi, ” kata AKP Viky saat ditemui beberapa waktu yang lalu di Kantor Pelayanan Polres Mimika.

Perilaku berlalu lintas seperti ini adalah hal yang sangat keliru pada pengguna helm sendiri, karena pakai helm itu sejujurnya justru untuk menjaga keselamatan pengendara sendiri. Jadi, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan razia secara rutin terhadap pelanggaran- pelanggaran kasat mata seperti tidak menggunakan helm. Kendaran tidak memiliki spion dan atau mengemudi dengan melawan arah.

“Kalau cuma tegur-tegur saja tidak jera, harus ditindak dan ditilang,” kata Kasat Lantas Viky.

Sebagai tuan rumah PON 2020 yang akan dilaksanakan dalam waktu yang sudah tidak terlalu lama, masyarakat pengendara sepeda motor di Kota Timika harus memberikan contoh yang baik dalam berkendaran.

“Jangan sampai, tamu banyak yang berdatangan disini, kemudian banyak yang melihat kok tidak pakai helm. Kita sebagai tuan rumah, paling tidak dalam hal lalu lintas ini harus memberikan contoh yang lebih baik kepada banyak orang lainnya daerah lain” kata Viky. (**/Samone)

Pos terkait