KAPP Gandeng Kadin & Gapensi Data 460 Pengusaha OAP

Ketua KAPP Kabupaten Mimika, Vinsent Oniyoma dan Direktur KAPP Kabupaten Mimika, Faya Naa.

 

TIMIKA – Tabaos14    I    Ketua Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Kabupaten Mimika Vinsent Oniyoma mengatakan, sebanyak 460 lebih pengusaha asli Papua yang telah terdata dan disatukan kedalam database, setelah dilakukan sinkonisasi data Kadin, Gapensi, dan Ardin.

“Jadi tanggal 23 Februari kemarin, kami dari KAPP dan beberapa asosiasi seperti Gapensi, Kadin, Ardin ada sinkronisasi data pengusaha OAP yang ada,” kata Vinsent saat ditemui di Jalan Budi Utomo, Selasa (03/03).

Ia menjelaskan, sinkronisasi data dilakukan untuk memfilter seluruh pengusaha asli Papua dari pengusaha non Papua yang menggunakan identitas pengusaha OAP.

“Jadi, sejauh ini pengusaha yang kami sudah data itu ada 460-an lebih pengusaha OAP yang sudah terdaftar berdasarkan data sinkronisasi tadi,” jelasnya.

Pihaknya akan terus melakukan pendataan bagi pengusaha Papua yang sampai saat ini belum terdata lantaran berkas-berkas yang disiapkan belum lengkap. Kemudian akan diklasifikasikan sesuai jenis usahanya, baik kontruksi, UKM, kelas makro dan mikro.

“Kami juga masih fokus pendataan teman-teman yang belum terdata. Artinya, belum terdata karena kelengkapan berkas dan lain supaya semua bisa terdata didalam databasenya KAPP, ” ungkapnya.

Ia menambahkan, apabila proses pendataan telah rampung, maka pihak KAPP akan melaporkan secara keseluruhan jumlah pengusaha Papua beserta nama perusahaan untuk menjadi pegangan bagi Bupati dan pimpinan OPD, apabila ada paket pekerjaan dari pemerintah agar bisa mengawal Perpres Nomor 17, Pergub Nomor 14. Bahkan Intruksi Bupati Nomor 4, itukan sudah ada turunan dari Perpres itu.

“Nanti kami laporkan ke pemerintah,” tambahnya. (Mrc)

Pos terkait